Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Aspek Aspek Penting dalam Keberhasilan Inovasi Pelayanan Publik Layak Menikah Ijabah di Kabupaten Kebumen

WULANSARI, Fitri (2023) Aspek Aspek Penting dalam Keberhasilan Inovasi Pelayanan Publik Layak Menikah Ijabah di Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (166kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (186kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (210kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fitri Wulansari-F1B019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan publik memiliki tujuan untuk memberikan bantuan atas kendala yang dialami kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh seseorang atau kelompok maupun birokrasi. Inovasi pelayanan publik dapat menjadi semacam transformasi pelayanan guna mendapatkan solusi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang diharapkan lebih sesuai dengan keinginan dan harapan dari masyarakat itu sendiri. Inovasi Layak Menikah Ijabah merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen yang bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kebumen yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan data kependudukan setelah terjadi pernikahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan aspek-aspek penting dalam keberhasilan inovasi pelayanan publik Layak Menikah Ijabah (Layanan Administrasi Kependudukan Melalui Pernikahan Identitas Jadi Berubah). Penelitian ini berfokus untuk melihat aspek keberhasilan inovasi, yaitu Tata Kelola Inovasi, Budaya Inovasi, Kemampuan dan Alat serta Hambatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Uji Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan inovasi Layak Menikah ijabah yang di analisis menggunakan aspek keberhasilan inovasi menurut Bugge & Blocha (2018) sudah sesuai dengan aspek-aspek yang digunakan dalam penelitian. Adapun hasil dari keempat aspek-aspek yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Pertama, aspek tata kelola dan inovasi menunjukan bahwa sistem regulasi inovasi ini di dukung dengan adanya SK Nomor 470/00722/II/2021. Dimana aspek tata kelola dibagi menjadi empat sub aspek yaitu adanya SOP, sosialisasi dilakukan menggunakan media elektronik serta cetak, koordinasi yang di lakukan menggunakan Whatsapp. Kedua, aspek budaya inovasi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan. Ketiga, kemampuan dan alat dalam inovasi layak menikah ijabah sudah baik, sistem yang digunakan yaitu sistem layak menikah ijabah dan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) serta upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia tetap di lakukan untuk memperkuat semangat kerja, kreativitas dan produktivitas pegawai. Keempat, hambatan yang terjadi berupa hambatan internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23352
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, inovasi pelayanan, keberhasilan inovasi, inovasi layak menikah ijabah
Subjects: P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. WULANSARI Fitri
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:38
Last Modified: 25 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item