MAKATENGKENG, Dennis Yesaya (2023) Kajian Pengaruh Peningkatan Faktor Daya terhadap Aliran Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Generator Set Diesel pada Kereta Api Kelas Eksekutif. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Download (218kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Download (288kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 25 October 2024. Download (308kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 October 2024. Download (582kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 October 2024. Download (361kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Download (298kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Download (256kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dennis Yesaya Makatengkeng-H1A019061-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sumber energi listrik pada kereta api berasal dari generator set yang berfungsi untuk menunjang berbagai fasilitas penumpang. Salah satu parameter dari kualitas energi listrik adalah faktor daya. Tujuan dari penelitian ini adalah meninjau dan mengkaji pengaruh peningkatan faktor daya pada rangkaian kereta dengan menggunakan metode penempatan kapasitor global, group, dan individual compensation terhadap nilai rugi daya, jatuh tegangan, serta konsumsi bahan bakar generator set diesel. Kajian dalam penelitian ini menggunakan software ETAP 12.6.0 untuk mensimulasikan aliran daya pada rangkaian kereta eksekutif new image dengan rincian rangkaian satu generator set pembangkit dihubungkan empat kereta penumpang – satu kereta makan – lima kereta penumpang dengan kondisi penggunaan beban maksimal. Simulasi pada software tersebut dapat mengetahui nilai daya, arus, tegangan, dan faktor daya yang terjadi. Dilakukan usaha peningkatan faktor daya menjadi 0,95 menggunakan tiga metode penempatan kapasitor. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan faktor daya dapat mempengaruhi aliran daya dan konsumsi bahan bakar generator set diesel pada rangkaian kereta. Berdasarkan simulasi saat kondisi awal didapat nilai faktor daya rata- rata yaitu 0,734 akan menghasilkan total rugi daya aktif sebesar 2,16% dan total jatuh tegangan sebesar 2,36% pada rangkaian. Dari ketiga metode penempatan kapasitor untuk meningkatkan faktor daya, yang paling optimal adalah metode group compensation pada setiap panel sub distribusi kereta karena meningkatkan faktor daya menjadi 0,951 sehingga total rugi daya aktif berkurang menjadi 1,28% dan jatuh tegangan berkurang menjadi 1,89%. Konsumsi bahan bakar generator set diesel bergantung pada total daya aktif yang harus disuplai, peningkatan faktor daya dengan group compensation akan mengurangi rugi daya aktif sehingga estimasi konsumsi bahan bakar dapat berkurang 0,87%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23145 |
Uncontrolled Keywords: | faktor daya, rugi daya, jatuh tegangan, konsumsi bahan bakar, generator set diesel |
Subjects: | E > E134 Electric railroads E > E149 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr. MAKATENGKENG Dennis Yesaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 01:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 01:46 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23854 |
Actions (login required)
View Item |