Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Conspicuous Consumption: Peran Harga Diri, Kesombongan dan Materialisme (Studi Kasus Pada Generasi Z di Indonesia)

RAMADINA, Hana Putri (2023) Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Conspicuous Consumption: Peran Harga Diri, Kesombongan dan Materialisme (Studi Kasus Pada Generasi Z di Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hana Putri Ramadina-C1B019116-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hana Putri Ramadina-C1B019116-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan survey pada Generasi Z berumur 11-26 tahun yang merupakan pengguna Instagram dan saat ini tinggal diantara DKI Jakarta/Surabaya/Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial, kesombongan, harga diri dan materialisme terhadap fenomena conspicuous consumption pada generasi Z di Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Instagram dari Generasi Z yang saat ini tinggal diantara DKI Jakarta/Surabaya/Bandung dan pernah melakukan pembelian fashion branded dan membagikannya di Instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 275 responden dengan teknik penetapan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap Kesombongan, 2) Penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap Harga Diri, 3) Kesombongan berpengaruh positif terhadap materialisme, 4) Harga Diri berpengaruh positif terhadap Materialisme, 5) Materialisme berpengaruh positif terhadap Conspicuous Consumption Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Kesombongan, Harga Diri, Materialisme, Conspicuous Consumption

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23487
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial, Kesombongan, Harga Diri, Materialisme, Conspicuous Consumption
Subjects: C > C795 Consumption Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Hana Putri Ramadina
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:22
Last Modified: 08 Nov 2023 06:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24088

Actions (login required)

View Item View Item