PRATAMA, Muhammad Bram Yuda (2023) Pengaruh Rambatan Getaran Transversal pada Perkerasan Lentur dan Kaku akibat Pergerakan Kendaraan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhamamd Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Download (120kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 13 November 2024. Download (132kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 13 November 2024. Download (664kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 13 November 2024. Download (270kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Download (121kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Bram Yuda Pratama-H1B018022-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
Abstract
Tanpa disadari, aktivitas lalu lintas yang terjadi menghasilkan getaran dan mempengaruhi lingkungan sekitar. Menurut Lawrance, dkk (2011), Getaran lalu lintas terutama disebabkan oleh kendaraan berat seperti bus dan truk. Beban menghasilkan gelombang tekanan yang merambat di tanah dan menyebabkan getaran. Mobil penumpang dan kendaraan ringan lainnya jarang menimbulkan getaran. Tapi sayangnya, penelitian terkait getaran akibat pergerakan kendaraan di Indonesia masih sangat minim. Oleh karena itu, dilakukan penelitian getaran akibat kendaraan, dengan alat yang dirancang dan juga dengan aplikasi IDynamics. Penelitian dilakukan dengan jenis kendaraan, jenis perkerasan, kecepatan kendaraan yang berbeda .Dimana didapatkan, jenis kendaraan golongan 2 menghasilkan getaran maksimal sebesar 0.067 m/s², golongan 5b sebesar 0.703 m/s², dan golongan 7a sebesar 0.733 m/s². Lalu, kendaraan dengan kecepatan 60km/jam menghasilkan getaran lebih kecil dibanding kecepatan 40km/jam, tetapi lebih besar dibanding kecepatan 80km/jam. Jenis perkerasan nyatanya juga mempengaruhi besar kecilnya getaran akibat pergerakan kendaraan, dimana perkerasan kaku menghasilkan getaran paling besar 0.733 m/s², dibandingkan perkerasan lentur sebesar 0.653 m/s², dengan variabel kendaraan dan kecepatan yang sama. Penelitian ini juga menjawab hasil kinerja alat yang dirancang, dimana alat dapat mengukur kecepatan kendaraan, mengukur getaran pada dua titik sekaligus, dan menampilakn waktu ril secara otomatis. Tapi tentunya juga terdapat kekukurangan dan keterbatasan alat yang dirancang, seperti hanya dapat mengukur kecepatan objek kurang dari 80 cm, hanya dapat hidup dengan bantuan device seperti laptop, dan terkadang terjadi error dan perlu running programnya kembali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23239 |
Uncontrolled Keywords: | Getaran, Kendaraan, Perkerasan Jalan, IDynamics, Arduino Uno, MPU 6050 |
Subjects: | R > R285 Roads T > T283 Transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Muhammad Bram Yuda Pratama |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 01:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24122 |
Actions (login required)
View Item |