AMARULLOH, Amir Aziz (2023) Pengembangan Game Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Metodologi Game Development Life Cycle (Gdlc) Untuk Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Download (92kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2024. Download (355kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2024. Download (959kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2024. Download (423kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Download (48kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amir Aziz Amarulloh-H1D018065-Skripsi-2023.pdf Download (311kB) |
Abstract
Berdasarkan data yang mencemaskan bahwa sekitar 65% umat Islam di Indonesia tidak dapat membaca Al-Qur'an dan jumlah pengguna gadget yang terus meningkat, terdapat tantangan signifikan dalam memberikan pendidikan pembacaan huruf Hijaiyah kepada anak usia dini. Di satu sisi, gadget dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif, tetapi di sisi lain, penggunaan yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan solusi pembelajaran yang menarik dan efektif bagi anak-anak usia dini dengan mengembangkan game interaktif berbasis teknologi, khususnya dalam memahami dan mengingat huruf Hijaiyah. Melalui pendekatan ini, diharapkan anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan berkesan, meningkatkan keterampilan membaca huruf Hijaiyah, dan menghindari kebosanan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi Metodologi Game Development Life Cycle (GDLC) untuk mengembangkan permainan interaktif yang disebut "Hijaiyah Challenge". Game ini dikombinasikan dengan teknologi Augmented Reality untuk memadukan pembelajaran fisik dan teknologi. Pengembangan permainan ini melibatkan tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, uji coba, dan penyesuaian berdasarkan respon pemain. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, "Hijaiyah Challenge" terbukti berhasil membantu anak-anak usia dini untuk mengenal dan mempelajari huruf Hijaiyah melalui proses bermain sambil belajar dengan persentase peningkatan sejumlah 34.26%. Metode GDLC memungkinkan penyesuaian game dengan kebutuhan pemain, sehingga game ini mudah diterima dan efektif dalam meningkatkan pemahaman huruf Hijaiyah. Diharapkan bahwa solusi pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang inovatif dan efektif untuk membantu anak-anak usia dini dalam mengenal Al-Qur'an melalui penggunaan teknologi yang sesuai dan mendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23261 |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, GDLC, AR. |
Subjects: | E > E76 Educational games |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Amir Aziz Amarulloh |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 00:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 00:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24199 |
Actions (login required)
View Item |