MAULIDA, Kartika Nur (2023) Strategi Marketing Public Relations @infopurwokerto dalam Meningkatkan Engagement. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Download (233kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2024. Download (429kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Restricted to Registered users only until 23 November 2024. Download (312kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2024. Download (249kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Download (216kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Download (252kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kartika Nur Maulida-F2C021017-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
Abstract
@infopurwokerto merupakan akun instagram yang menginformasi berbagai peristiwa di Purwokerto pada khususnya. Perkembangan instagram mendorong akun yang semula dikelola secara perseorang menjadi akun bisnis dan menyediakan layanan bisnis. Tren instagram yang begitu pesat menyebabkan lahirnya akun-akun serupa yang saling bersaing, sementara salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan kualitas akun dilakukan melalui pengukuran engagement. Nilai engagement @infopurwokerto yang mencapai 1,49% pada akhir 2022 merupakan suatu prestasi, pasalnya pada akun bisnis yang memiliki followers lebih dari 100.000 menurut Hootsuite (2021) idealnya hanya dapat mencapai pada angka 0,74%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolan instagram bisnis, mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang pengelolaan engagement dan menganalisis bentuk dan strategi marketing public relations yang diterapkan dalam meningkatkan engagement. Subjek penelitian ini adalah akun instagram @infopurwokerto sebagai perusahaan penyedia layanan jasa digital marketing. Proses penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam menggunakan purposive samping pada pengelola akun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan instagram bisnis dikelola secara tim dengan menyediakan layanan placement post, paket mantap, produksi liputan atau visit iklan dan bundling influencer yang terasosiasi dalam platform sosial media TikTok, YouTube dan Website. Kelemahan dan ancaman dalam pengelolaan engagement terletak pada iklan yang berbentuk desain karena memiliki insight yang rendah, sementara kekuatan nilai engagement tinggi belum dimanfaatkan sebagai peluang dalam perluasan bisnis. Strategi marketing public relations dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam bentuk pull,push, dan pass strategy. Strategi khusus @infopurwokerto yang tidak ditemukan di instagram lain ialah jasa social media integrated marketing, penggunaan content pillar berupa edukasi, entertainment, penggunaan bahasa Ngapak serta optimaliasi own influencer dan program corporate social responsibility berupa pemberdayaan UMKM dan Purwokerto Creator Academy.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223305 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Engagement, @infopurwokerto, Strategi, Marketing Public Relations. |
Subjects: | M > M80 Marketing P > P644 Public relations |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Kartika Nur Maulida |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 11:19 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 11:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24423 |
Actions (login required)
View Item |