Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kualitas Aplikasi Salinmas dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banyumas

ISNAENI, Nadia Fitri (2023) Kualitas Aplikasi Salinmas dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2024.

Download (351kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2024.

Download (482kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2024.

Download (301kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadia Fitri Isnaeni-F1B019052-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi Salinmas atau Sampah Online Banyumas merupakan sebuah aplikasi managemen bank sampah organik di Kabupaten Banyumas yang dilakukan dengan sistem penjemputan sampah yang pengorderannya berbasis aplikasi online dari titik penjemputan sampah. Dalam hal ini masyarakat mendapatkan insentif sebagai reward atas apa yang sudah dilakukannya. Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan terhadap Pelayanan Aplikasi Salinmas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas belum pernah melakukan pengukuran terkait kualitas aplikasi Salinmas dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas sebagai evaluasi yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pelayanan dan menjadi salah satu dasar perbaikan pelayanan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aplikasi Salinmas dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah pengguna aktif aplikasi Salinmas di Kabupaten Banyumas dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner, Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan distribusi frekuensi, ukuran tendensi sentral (mean, modus, median), dan tabulasi silang. Dalam penelitian ini menggunakan sembilan indikator kualitas layanan elektronik (e-service), yaitu efficiency, e-scape, customization, contact, responsiviness, assurance, system availability, compatibility of mobile devices, dan billing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas aplikasi Salinmas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas memeproleh rata-rata sebesar 3,51 dengan kategori ”Baik”. Artinya kualitas pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat sebagai pengguna aplikasi Salinmas. Kualitas aplikasi Salinmas sebagai penyedia layanan elektronik berdasarkan tabulasi silang berupa jenis kelamin perempuan berusia 45-57 tahun dengan pendidikan terakhir SMA/Sederajat dan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dengan jumlah orderan sampah 111-141 kali order memiliki hubungan dalam menggunakan dan menilai bahwa variabel kualitas aplikasi Salinmas sebagai penyedia layanan elektronik dengan kategori baik. Berdasarkan nilai kualitas aplikasi Salinmas per indikator, terdapat dua indikator yang masuk dalam kategori sangat baik yaitu efficiency dengan rata-rata sebesar 3,54 dan system availability dengan rata-rata sebesar 3,55 sedangkan indikator yang mempunyai nilai paling kecil yaitu contact dengan rata-rata sebesar 2,74. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas untuk menambahkan berbagai fitur layanan customer service pada tampilan aplikasi Salinmas agar memudahkan pengguna aplikasi menghubungi petugas Salinmas melalui berbagai pilihan fitur customer service yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23570
Uncontrolled Keywords: Kualitas Aplikasi Salinmas, Tabulasi Silang
Subjects: M > M36 Management information systems
W > W49 Waste Economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Nadia Fitri Isnaeni
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:01
Last Modified: 14 Dec 2023 01:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24752

Actions (login required)

View Item View Item