FAKHRI, Muhammad Ikhsan Maulana (2023) Game Edukasi Pembelajaran Agama Islam “Mudik Adventure” menggunakan Unity untuk Siswa Sekolah Luar Biasa Tipe B Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Download (231kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2025. Download (243kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2025. Download (330kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2025. Download (268kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Download (228kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Download (240kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-M Ikhsan MF-H1D019022-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
Abstract
Anak tunarungu adalah mereka yang pendengarannya tidak berfungsi sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus. Anak-anak dengan kebutuhan luar biasa pada dasarnya mengalami kendala atau masalah di luar orang biasa, baik secara nyata maupun secara intelektual. Belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siswa. Namun pada praktiknya, siswa mengalami kesulitan belajar. Selain karena pelajaran yang sulit, minimnya media pembelajaran yang tersedia juga menjadi penyebab mereka kesulitan belajar. Media pembelajaran merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Ini dikarenakan media pembelajaran yang tidak menarik dan membosankan dapat membuat minat belajar dan tingkat penyerapan materi oleh siswa menurun yang dapat menyebabkan tidak terserapnya materi dengan baik dan dapat menyebabkan turunnya prestasi siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan menggunakan media belajar game edukasi. Game ini dapat dimainkan tidak hanya sebagai media hiburan, namun juga media pembelajaran yang dapat mengedukasi pemainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga dapat membuat belajar lebih menarik dan menyenangkan. Hasil Blackbox testing menunjukkan hasil valid yang menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan desain dari pengembang aplikasi. Hasil UAT menunjukkan nilai 80% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil validasi yang dilakukan oleh guru menunjukkan nilai 83,75% yang termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah game Mudik Adventure dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24006 |
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi, Tunarungu, Media pembelajaran, Unity |
Subjects: | C > C679 Computer games D > D46 Deaf Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ikhsan Maulana Fakhri |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 03:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24930 |
Actions (login required)
View Item |