RAMADHANI, Sahri (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Alam Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas melalui Media Sosial Instagram @pertapan_gerduren. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Cover)
COVER-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sahri Ramadhani-F1C1019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 January 2025. Download (210kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 January 2025. Download (411kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 January 2025. Download (241kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Download (158kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Download (219kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sahri Ramadhani-F1C019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
Abstract
Wisata Alam Desa Gerduren merupakan wisata alam yang dibentuk dengan tujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Desa Gerduren. Wisata Alam Desa Gerduren mampu memasarkan wisatanya melalui media sosial, salah satunya adalah instagram @pertapan_gerduren. Pengelola instagram berperan dalam menjaga nama baik wisata serta memberikan informasi yang sesuai fakta kepada masyarakat. Pengelola instagram dalam praktiknya memiliki berbagai upaya atau strategi dalam melakukan promosi atau pemasaran melalui instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Wisata Alam Desa Gerduren mempromosikan atau memasarkan wisatanya melalui media sosial instagram @pertapan_gerduren. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pemilihan informan menggunakan Purposive Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan bauran pemasaran dan Difusi Inovasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola instagram @pertapan_gerduren memasarkan wisatanya melalui instagram dengan memberikan informasi mengenai keunikan dari wisata ini, konten yang diupload sebagai informasi kepada masyarakat, dan efek dari pengunaan instagram dalam pemasaran wisata ini. Selain itu Wisata Alam Desa Gerduren menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari advertising, personal selling, sales promotion, public relation and publicity, serta direct marketing. Di lain sisi, peneliti juga menemukan adanya harapan masyarakat desa agar Wisata Alam Desa Gerduren ini kembali diminati banyak wisatawan lokal maupun luar daerah, namun hal ini belum sempat terlaksana karena masih banyak perbaikan dalam Wisata Alam Desa Gerduren. pengelola instagram berkeinginan untuk melakukan inovasi terhadap instagram @pertapan_gerduren, karena instagram @pertapan_gerduren mampu menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung ke Wisata Alam Desa Gerduren.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23568 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Wisata Alam, Media Sosial, Komunikasi Pemasaran, Difusi Inovasi. |
Subjects: | C > C631 Communication E > E59 Ecotourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Sahri Ramadhani |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:46 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 08:46 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24933 |
Actions (login required)
View Item |