Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Determinan Tingkat Kemiskinan di Wilayah Barlingmascakeb Dengan Pendekatan Sustainable Livelihood Approach (SLA)

SOLEHATUN, Tri (2024) Determinan Tingkat Kemiskinan di Wilayah Barlingmascakeb Dengan Pendekatan Sustainable Livelihood Approach (SLA). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf

Download (686kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf

Download (992kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf

Download (729kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tri Solehatun-C1A020057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)

Abstract

Permasalahan kemiskinan menjadi permasalahan diseluruh negara di dunia sehingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan program Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai agenda dunia pembangunan dimana menyatakan bahwa no poverty (tanpa kemiskinan) sebagai poin pertama prioritas. Penelitian ini mengambil judul: “Determinan Tingkat Kemiskinan di Wilayah Barlingmascakeb dengan Pendekatan Sustainable Livelihood Approach (SLA)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, pengeluaran per kapita, panjang jalan, dan luas lahan terhadap kemiskinan di wilayah Barlingmascakeb dengan menggunakan pendekatan Sustainable Livelihood Approach (SLA). Data yang digunakan dalam kurun waktu enam tahun dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2022 dalam bentuk data panel. Alat analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda model data pooling time series (data panel). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikan, pengeluaran per kapita, panjang jalan, dan luas lahan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat kemiskinan di wilayah Barlingmascakeb. Sedangkan secara parsial variabel tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di wilayah Barlingmascakeb, variabel pengeluaran per kapita berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di wilayah Barlingmascakeb, variabel panjang jalan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di wilayah Barlingmascakeb, dan variabel luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di wilayah Barlingmascakeb. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dibidang pendidikan perlu upaya dari pemerintah dalam pembauran antara kualifikasi pendidikan dengan kebutuhan peluang kerja dimana perlunya peninjauan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta perlunya penyebaran informasi sehingga kebutuhan lulusan tenaga kerja mampu menemukan peluang kerja yang sesuai. Implikasi dari sisi pengeluaran perkapita, penting bagi pemerintah lebih memperhatikan kebijakan dan intervensi untuk meningkatkan pengeluaran per kapita dan mengurangi kemiskinan, dengan meningkatkan akses terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan menyediakan lapangan pekerjaan. Peningkatan kualitas infrastruktur seperti perbaikan jalan memungkinkan aksesibilitas yang lebih baik memfasilitasi perdagangan, trasnportasi barang, dan pergerakan manusia. Selain itu, jalan yang berkualitas dan menghubungkan dengan pusat ekonomi utama dapat mendorong pembangunan industri dan bisnis di daerah tersebut, sehingga akan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, diperlukan upaya yang komprehensif termasuk program bantuan kepada petani miskin dan penyuluhan pertanian bagi para petani. Untuk masalah perubahan iklim, diperlukan adaptasi dan intensifikasi untuk meningkatkan produktivitas petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24028
Uncontrolled Keywords: sustainable livelihood approach, kemiskinan, tingkat pendidikan, pengeluaran per kapita, panjang jalan
Subjects: P > P461 Poverty
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Tri Solehatun
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:14
Last Modified: 11 Jan 2024 06:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item View Item