ARGASANI, Purti Chika Hadita (2019) Kajian Yuridis Terhadap Iklan Menyesatkan Pada Produk Kangen Water Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
2. COVER-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Download (50kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Download (48kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
5. BAB-I-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (BabII)
6. BAB-II-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
PDF (BabIII)
7. BAB-III-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (BabIV)
8. BAB-IV-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (BabV)
9. BAB-V-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
10. DAFTAR-PUSTAKA-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skripsi-2019.pdf Download (81kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-PUTRI CHIKA HADITA A-E1A014230-skipsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
Abstract
Semakin maju perekonomian dan teknologi, berkembang pula strategi yang harus dijalankan oleh perusahaan, khususnya dibidang pemasaran. Sering kali pelaku usaha tidak menaati peraturan yang sudah ditetapkan dan tidak memperhatikan kewajibannya sebagai pelaku usaha. Maraknya peredaran produk Kangen Water membuat Kemenkes dan BPOM mengeluarkan surat peringatan terkait peredaran brosur Kangen Water yang menyesatkan sehingga menimbulkan keraguan dalam masyarakat terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan mengenai iklan menyesatkan pada brosur produk Kangen Water berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa dokumen perusahaan, peraturan perundang-undangan, literatur dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan, yaitu dengan menginventarisasikan data-data yang kemudian disajikan dalam bentuk teks naratif. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa PT. Enagic Indonesia selaku Perusahaan yang menjual produk Kangen Water kepada konsumen melalui Mitra Usahanya bertanggung jawab atas beredarnya iklan menyesatkan yang dibuat untuk mempromosikan produk Kangen Water, dan iklan tersebut terbukti menyesatkan karena melanggar Kode Etik Perusahaan, Pasal 8 ayat (1) huruf d dan f UUPK, Pasal 10 huruf b UUPK, Pasal 110 Undang-Undang tentang Kesehatan, Pasal 6 ayat (1) dan Pasal 8 Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan, Pasal 5 Peraturan Kepala Badan POM RI tentang Pedoman Teknis Pengawasan Periklanan Pangan Olahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E19025 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan menyesatkan, Kangen Water. |
Subjects: | C > C792 Consumer protection |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2510 |
Actions (login required)
View Item |