Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemeliharaan Arsip Administrasi Keuangan Melalui Electronic Leitz Ordner (ELO) di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang (KC) Purwokerto

AMINI, Nadia Khasna Listya (2023) Pemeliharaan Arsip Administrasi Keuangan Melalui Electronic Leitz Ordner (ELO) di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang (KC) Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (238kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (498kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (297kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadia Khasna Listya Amini-F1B020109-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan informasi kearsipan dikatakan baik apabila mempunyai sistem pengelolaan arsip yang baik dan efektif. Berbagai bentuk dokumen dan media diciptakan untuk memudahkan penyimpanan, pengambilan, dan distribusi informasi. PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang (KC) Purwokerto menggunakan aplikasi Electronic Leitz Ordner (ELO) untuk pemeliharaan dan penyimpanan arsip karena proses administrasi yang dilakukan sehari-hari menghasilkan banyak dokumen. Walaupun sudah menggunakan sistem manajemen arsip untuk memelihara arsip secara digital, dalam pelaksanaannya pemeliharaan arsip secara manual untuk menyimpan arsip fisik masih dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang (KC) Purwokerto yang menunjukkan adanya pemeliharaan ganda pada arsip. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemeliharaan arsip administrasi keuangan melalui Electronic Leitz Ordner (ELO) di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang (KC) Purwokerto sudah optimal atau belum beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan konsep prinsip record management menurut Holliday, yang terdiri atas kerahasiaan (confidentiality), integritas informasi (information integrity), ketersediaan tinggi (high availability), kepatuhan pada kebijakan (adherence to policy), dan kemampuan audit (auditability). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Validitas data diuji dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pemeliharaan arsip administrasi keuangan melalui Electronic Leitz Ordner (ELO) di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang (KC) Purwokerto sudah memenuhi prinsip record management secara optimal. Namun, masih terdapat kekurangan pada aspek integritas informasi (information integrity) karena masih terdapat arsip yang tidak dapat ditemukan. Dalam hal ini diperlukan perbaikan untuk kedepannya agar arsip selalu terjaga dan terhindar dari perubahan ataupun kehilangan arsip. Faktor pendukung dari pemeliharaan arsip administrasi keuangan melalui Electronic Leitz Ordner (ELO), yaitu rasa tanggung jawab karyawan, kemudahan akses dari Electronic Leitz Ordner (ELO), dan pemahaman yang baik dari karyawan. Sedangkan, faktor penghambat pemeliharaan arsip administrasi keuangan melalui Electronic Leitz Ordner (ELO), yaitu kurangnya sumber daya manusia, error pada jaringan server, dan lamanya pengiriman berkas dari Mall Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24026
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan Arsip, Manajemen Kearsipan, Electronic Leitz Ordner (ELO)
Subjects: A > A443 Archives
I > I140 Information systems Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Nadia Khasna' Listya Amini
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:29
Last Modified: 18 Jan 2024 06:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25178

Actions (login required)

View Item View Item