WIBOWO, Wulan Astari (2023) Profil Kesesuaian Jenis Modalitas VARK antara Gaya Belajar Mahasiswa, Kebiasaan Belajar Mahasiswa, dan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Mata Kuliah Anatomi Studi pada Mahasiswa Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2022 Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Download (65kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 January 2025. Download (204kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 January 2025. Download (608kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 January 2025. Download (457kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Download (68kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wulan Astari Wibowo-G1A020049-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Salah satu permasalahan dalam pembelajaran Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (FK Unsoed) adalah rerata nilai ujian identifikasi Anatomi yang kurang baik. Hal ini dapat terjadi karena ketidaksesuaian antara gaya belajar, kebiasaan belajar, dan bahan ajar, sehingga menghasilkan proses belajar yang tidak mendukung tercapainya hasil belajar yang baik. Belum ada penelitian yang melihat ketiga variabel sekaligus. Tujuan: Mengetahui distribusi frekuensi kesesuaian jenis modalitas VARK antara gaya belajar, kebiasaan belajar Anatomi, serta bahan ajar Anatomi pada Blok Ilmu Dasar Sistem Reproduksi. Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif 103 mahasiswa angkatan 2022 FK Unsoed yang terpilih berdasarkan total sampling dengan kriteria inklusi. Data sekunder yang diolah berupa 15 jenis variasi modalitas VARK hasil interpretasi pengisian kuesioner gaya belajar VARK online dan kuesioner kebiasaan belajar Anatomi model VARK, serta interpretasi penerapan modalitas bahan ajar Anatomi, yaitu visual. Ketiga variabel dikatakan berkesesuaian apabila terdapat 1 hingga 3 variabel yang saling berkesesuaian. Ketiga variabel dikatakan tidak berkesesuaian apabila ketiganya memiliki modalitas yang berbeda. Hasil: Ketiga variabel berkesesuaian sebanyak 55,34%, yang terdiri atas: hanya bahan ajar yang tidak berkesesuaian sebanyak 34,95%; hanya gaya belajar yang tidak berkesesuaian sebanyak 20,39%; hanya kebiasaan belajar yang tidak berkesesuaian 0%. Ketiga variabel tidak berkesesuaian sebanyak 44,66 %. Kesimpulan: Distribusi frekuensi kesesuaian jenis modalitas VARK antara gaya belajar, kebiasaan belajar Anatomi, serta bahan ajar Anatomi Blok Ilmu Dasar Sistem Reproduksi telah didapatkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G24010 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, Gaya Belajar, Kebiasaan Belajar, Bahan Ajar, VARK |
Subjects: | H > H303 Human anatomy Mind and body Physiology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs. Wulan Astari Wibowo |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:23 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25180 |
Actions (login required)
View Item |