LANIAH, Laniah (2024) Strategi Pemasaran Sosial untuk Mengembangkan Rintisan Wisata Hijau Desa Cikakak Kecamatan Wangon. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Download (301kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Download (213kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2025. Download (598kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2025. Download (432kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 January 2025. Download (813kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Download (406kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Download (345kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lani'ah-P2A021007-Tesis-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kondisi desa wisata Cikakak sehingga dapat merumuskan strategi pemasaran sosialnya. Pemasaran sosial bertujuan untuk mengubah perilaku jangka panjang. Pembangunan berkelanjutan di desa wisata dapat terlaksana dengan baik apabila adanya dukungan terhadap perilaku pengelola wisata, masyarakat sekitar desa wisata, dan pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, angket, observasi, dan dokumentasi. Informan wawancara mendalam ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Responden kuesioner ditentukan secara acak dari masyarakat desa dan pengunjung. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis SWOT dan analisis bauran pemasaran 7P. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran sosial yang paling tepat adalah strategi defensif. Strategi defensif yang sesuai menurut pihak terkait ialah (1) Melakukan evaluasi dan pengembangan produk, (2) Melakukan efisiensi promosi, (3) Memperkuat kelembagaan dan sinergi antar lembaga, (4) Mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pertanian dan peternakan organik. Taktik yang cocok untuk mendukung strategi disusun berdasarkan urutan produk, orang, promosi, tempat, harga, dan bukti fisik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P224009 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran sosial, wisata hijau, desa wisata |
Subjects: | E > E59 Ecotourism |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Lingkungan |
Depositing User: | Mrs Lani'ah Lani'ah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 07:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25325 |
Actions (login required)
View Item |