GENEDIVA, Argadhya Cherryl (2024) Analisis Kestabilan Lereng Jalan Akses Bendungan Ameroro Daerah Ameroro, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (27kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 February 2025. Download (273kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 February 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Argadhya cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 February 2025. Download (499kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (92kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Argadhya Cherryl-H1C020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
akses menuju bendungan menjadi aspek kritis. Kestabilan lereng pada jalur akses mendukung kelancaran transportasi dan menjaga keamanan pengguna jalan serta operasioanal bendungan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kestabilan lereng pada jalan akses bendungan dengan menggunakan metode geoteknikal dan pemodelan. Studi ini mencakup survei lapangan untuk mengumpulkan data geoteknikal, Analisis massa batuan dilakukan dengan metode Rock Mass Rating yaitu dengan melakukan pembobotan dari parameter. Kemudian dari hasil pembobotan parameter tersebut dijumlahkan dan didapatkan hasil nilai RMR nya, kemudian diklasifikasikan berdasarkan klasifikasi RMR yang menghasilkan kondisi masa batuannya, kohesi, dan sudut geser dalamnya yang kemudian dilakukan interpolasi agar mendapatkan nilai pasti untuk kohesi dan sudut geser dalamnya. Dari hasil klasifikasi RMR tersebut selanjutnya dilakukan pemodelan menggunakan software Geostudio dengan menggunakan metode Bishop yang disederhanakan dan Spencer untuk mendapatkan nilai FK lereng. Berdasarkan hasil analisis massa batuan menggunakan metode Rock Mass Rating (RMR) untuk jalan akses segmen 2 Lereng STA 3+100, STA 0+375, STA 0+500, STA 0+650, dan STA 0+800 tergolong dalam kelas III yang memiliki kelas massa batuan fair. Kemudian untuk jalan akses segmen empat yaitu lereng STA 0+950 dan STA 1+075 termasuk kedalam kelas III memiliki kelas massa batuan fair. Lereng pada jalan akses segmen dua berdasarkan klasifikasi Bowless (1984) masuk ke dalam kelas stabil. Dan pada jalan akses segmen empat untuk lereng STA 0+325 dengan material soil masuk kedalam kelas kritis dan untuk lereng STA 0+950 dan STA 1+075 masuk kedalam kelas stabil. Rekomendasi perbaikan dan mitigasi risiko diajukan untuk meningkatkan keamanan dan kestabilan jalan akses bendungan. Dari Penelitian ini direkomendasikan membangun dinding pasangan batu untuk mencegah keruntuhan sebagai bentuk perkuatan lereng.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24036 |
Uncontrolled Keywords: | Bendungan, Rock Mass Rating, Kestabilan Lereng |
Subjects: | D > D6 Dams |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi |
Depositing User: | Mrs Argadhya Cherryl Genediva |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 00:58 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 00:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25496 |
Actions (login required)
View Item |