AMIN, Faisal (2024) Indices Of Students' English Final-Term Test Items as A Part of Summative Assessment: A Study of Difficulty Level, Distractor Items, and Discrimination Index at Animal Husbandry Study Program of Jenderal Soedirman University in the Academic Year of 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Download (151kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Download (206kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Download (266kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faisal Amin-J1E019029-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisa butir soal. Butir soal pada penelitian ini berbentuk pilihan ganda. Pilihan ganda adalah slah satu cara yang paling banyak digunakan pada ujian kebahasaan. Penelitian ini sengaja dibuat untuk mendapatkan indeks Tingkat kesulitan, efektivitas pengecoh, dan indeks diskriminasi. Sebanyak 30 lembar jawaban digunakan sebagai sampel untuk dianalisa. Sejumlah 3 guru yang terlibat juga dilibatkan demi memperkaya data penelitian. Analisa dokumen dan wawancara digunakan sebagai intrumen dalam penelitian ini. Hasil dari Analisa dokumen untuk Tingkat kesulitan menunjukan 40 soal (80%) berada pada level sedang, 8 soal (16%) terlalu sulit, dan 2 soal (4%) terlalu mudah. Analisa pada efektivas pengecoh menunjukan 33 soal (66%) dengan 0 pengecoh yang tidak efektif pada masing masing soal, 14 soal (28%) dengan 1 pengecoh yang kurang efektif, dan 3 soal (6%) dengan 2 pengecoh yang kurang efektif tiap soal. Analisa indeks diskriminasi menunjukan 2 soal (4%) termasuk dalam kategori sangat bagus, 9 soal (18%) kategori baik, 16 soal (32%) memuaskan, 13 soal (26%) kurang baik, dan 10 soal (20%) ditolak. Hasil dari wawancara menunjukan bahwa Guru yang terlibat memang sengaja membuat soal dalam kesetaraan yang sama untuk siswa dengan kemampuan tinggi dan siswa dengan kemampuan kurang tinggi dengan membuat Tingkat kesulitan tiap soal menengah. Kurangnya pengalaman dan pengetahuan dalam ujian kebahasaan juga menjadi pengaruh bagi indeks tersebut. Penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa soal yang perlu untuk dipertimbangkan ulang demi keefektifan hasil ujian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24012 |
Uncontrolled Keywords: | Difficulty level, Discrimination Index, Distractor effectiveness, Items analysis, Language testing, Multiple-choice question. |
Subjects: | E > E293 English language Examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr. Faisal Amin |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:39 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 08:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25566 |
Actions (login required)
View Item |