Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Perspektif Pedagang Kaki Lima Terhadap Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kelurahan Sumber Kabupaten Cirebon

AWALUDDIN, Sayyid Saabiq (2024) Analisis Perspektif Pedagang Kaki Lima Terhadap Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kelurahan Sumber Kabupaten Cirebon. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Sayyid Saabiq Awaluddin_F1A018029_SKRIPSI_2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2019 dunia menghadapi bencana yang disebabkan oleh koronavirus varian SARS-CoV-2. Pada tanggal 2 Maret 2020 Indonesia dinyatakan sebagai salah satu negara yang memiliki kasus Covid-19. Pandemi mengakibatkan adanya pemberlakuan kebijakan untuk menekan persebaran virus Covid-19, yakni PPKM. Pembatasan mobilitas penduduk memberikan dampak yang cukup merugikan bagi para pedagang kaki lima di Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perspektif pedagang kaki lima terhadap penerapan PPKM di Kelurahan Sumber Kabupaten Cirebon. Perspektif terebut dapat dilihat dari makna, motif perilaku dan motif tindakan pedagang kaki lima mengenai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kelurahan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan 5 informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Selain itu data yang dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam, obeservasi, dan dokumentasi. penelitian ini adalah bahwa pedagang kaki lima di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. PKL memberikan pemaknaan mengenai PPKM memiliki dampak yang negatif yang merugikan secara finansial yaitu berkurangnya omset, akibat dari pembatasan jam operasional, pelarangan menggunakan fasilitas seperti kursi dan meja makan, serta adanya rasa takut pembeli terjangkit COVID-19. Sementara dampak positif yang dirasakan adalah menuntut pedagang berfikir kreatif, dan inovatif untuk memulai berdagang. Oleh sebab itu makna mempengaruhi motif perilaku dan tindkan pedagang kaki lima. Motif perilaku pedagang tidak menaati PPKM untuk menekan biaya produksi, dan adanya kelonggaran penjagaan dari satgas atau satpol PP diwaktu tertentu. Dan motif pedagang yang menaati PPKM adalah untuk mendapatkan izin berdagang dan tuntutan peran sebagai ketua perkumpulan. Adapun strategi dan upaya yang merupakan tindakan pedagang kaki lima adalah meminjam modal kepada kerabat dan orang terdekat, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, penggunaan media sosial sebagai alat promosi, merubah barang dagang yang diperjual belikan, mencari pekerjaan sampingan, petak umpet dengan satgas dan satpol PP, serta membentuk perkumpulan pedagang. Pemaknaan PPKM dari pedagang kaki lima, berakibat pada perilaku, dan tindakan yang muncul, merupakan respon dari implementasi kebijakan PPKM, seharusnya perlu dikaji guna mengetahui dampak yang ditimbulkan. Maka dari itu rekomendasi bagi penelitian selanjutnya, perlu adanya pendalaman terkait perspektif pedagang kaki lima pasca penerapan kebijakan PPKM. Guna memperkaya kajian keilmuan sosiologi perkotaan terkait kajian tentang kebijakan pemerintah yang diberikan kepada pedagang kaki lima. Selain itu penelitian ini menjadi rekomendasi informasi untuk pemerintah sebagai kajian dalam penerapan kebijakan yang berkaitan dengan pedagang kaki lima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24016
Uncontrolled Keywords: Pandemi, PKL, PPKM, Perspektif Pedagang
Subjects: S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mr Sayyid Saabiq Awaluddin
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:45
Last Modified: 12 Feb 2024 07:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25672

Actions (login required)

View Item View Item