SEMBODO, Muhammad Gayuh Suryo (2024) A Sociolinguistics Analysis of Jargon Used in Game: Counter Strike Global Offensive and Defense of The Ancients 2. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Download (470kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (517kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 13 February 2025. Download (535kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (577kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB-IV-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Download (469kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Download (565kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Gayuh-J1A017010-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
Abstract
Istilah dalam permainan digunakan di antara para gamer ketika mereka berbicara dalam permainan. Gamer telah membentuk komunitas sosial dan bahasa mereka sendiri seperti komunitas sosial lainnya yang menciptakan jargon tertentu. Penelitian ini mempunyai dua tujuan: untuk mengetahui bentuk dan makna jargon yang digunakan dalam game Counter Strike Global Offensive (CSGO) and Defense of The Ancients 2 (DOTA 2) dan untuk membandingkan berbagai fungsi jargon yang digunakan di game Counter Strike Global Offensive (CSGO) and Defense of The Ancients 2 (DOTA 2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang bertujuan untuk memilih data tertentu yang sesuai dengan tujuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari platform YouTube. Data tersebut merupakan jargon yang diucapkan melalui video turnamen yang diperlakukan sebagai data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bentuk jargon dari Halligan dan teori fungsi jargon dari Brown dan Attardo. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 75 data bentuk kata, 17 data frase, 14 data singkatan, dan 10 data akronim. Fungsi tersebut menunjukkan terdapat 17 jargon yang berfungsi untuk membantu penutur untuk menjelaskan domain khusus dan 99 jargon yang berfungsi untuk membantu membedakan subgrup dengan grup lainnya. Dari data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar jargon yang ditemukan di antara kedua game terdiri dari kata-kata yang dapat ditemukan dalam situasi percakapan atau komunitas lain. Kata-kata tersebut dapat ditemukan di luar komunitas game tersebut, namun akan memberikan arti yang berbeda jika digunakan oleh pihak luar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24032 |
Uncontrolled Keywords: | CSGO, DOTA 2, Jargon, Online Games, Sociolinguistics |
Subjects: | L > L247 Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mr. Muhammad Gayuh Suryo Sembodo |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 04:30 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 04:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25743 |
Actions (login required)
View Item |