Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Kepegawaian Melalui Sistem Elektronik Manajemen ASN Ter-Rekonsiliasi (SEMAR) di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta

AMALIA, Fresti (2024) Inovasi Pelayanan Kepegawaian Melalui Sistem Elektronik Manajemen ASN Ter-Rekonsiliasi (SEMAR) di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (221kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (294kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (98kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fresti Amalia-F1B020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Pemerintah harus mampu merespon tuntutan perkembangan zaman dan kondisi era revolusi industri 4.0 saat ini yang serba digital. Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut maka pelayanan publik juga harus memiliki inovasi yang berhubungan dengan teknologi yaitu dengan melakukan digitalisasi pelayanan. Kantor Regional I BKN Yogyakarta turut serta berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan membuat inovasi pelayanan publik di bidang layanan kepegawaian dengan konsep paperless melalui aplikasi berbasis website. Terobosan inovasi pelayanan ini disebut dengan “SEMAR” yang merupakan singkatan dari “Sistem Elektronik Manajemen ASN ter-Rekonsiliasi”. Namun, dalam pelaksanaannya walaupun SEMAR memudahkan instansi/OPD di wilayah kerja Kantor Regional I BKN Yogyakarta dalam mengurus dokumen kepegawaian, aplikasi ini masih terdapat keluhan seperti jaringan yang terkadang aplikasi tersebut error atau down dan permasalahan lainnya yaitu terkait kesalahan data (ralat) pada KARIS/KARSU. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi pelayanan kepegawaian melalui SEMAR di Kantor Regional I BKN Yogyakarta. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif (interactive model) yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana (2014:13) yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus pada penelitian ini adalah inovasi pelayanan kepegawaian melalui SEMAR di Kantor Regional I BKN Yogyakarta dengan sub fokus yang dikaitkan dengan atribut inovasi Everett M. Rogers (2003) yang terdiri dari lima aspek, yaitu keuntungan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (triability), dan kemudahan diamati (observability). Peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi SEMAR adalah sebuah aplikasi berbasis website yang bisa diakses di seluruh wilayah kerja Kantor Regional I BKN Yogyakarta untuk pelayanan kepegawaian di Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian. Dalam pelaksanaannya, pelayanan paperless melalui SEMAR memberikan keuntungan atau nilai lebih, kemudahan penggunaan, dan sudah sesuai dengan norma yang ada. SEMAR juga sudah melewati tahap uji coba dan sosialisasi. Namun, inovasi SEMAR masih terdapat beberapa kendala dalam penggunaannya dikarenakan kurangnya kemampuan sumber daya manusia dalam menyesuaikan perubahan sistem yang semula manual menjadi digital sehingga tujuan dari dibuatnya SEMAR belum berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24120
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, SEMAR (Sistem Elektronik Manajemen ASN Ter-Rekonsiliasi)
Subjects: P > P624 Public administration
T > T65 Technological innovations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Fresti Amalia
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:02
Last Modified: 12 Feb 2024 08:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item