KHARISMA, Nacca Mulia (2019) Analisis Penggunaan Keigo Dalam Interaksi Jual Beli Di Jepang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Download (611kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Download (681kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Download (587kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Download (642kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN DATA-NACCA MULIA KHARISMA-F1J014006-SKRIPSI-FIB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis penggunaan keigo dalam interaksi jual beli di Jepang. Keigo adalah ungkapan rasa hormat yang digunakan penutur terhadap mitra tutur berdasarkan status sosial dan tingkat keakraban lawan bicara. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk tuturan yang digunakan oleh penjual terhadap pembeli dalam interaksi jual beli dan faktor sosial yang melatarbelakangi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan bersifat alami yang diambil dari reality show, dokumenter dan video-video yang nyata menggambarkan kehidupan masyarakat Jepang, berupa percakapan yang mengandung ungkapan futsuukei dan keigo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Berdasarkan hasil analisis dari 20 data, terdapat 6 data dengan 6 penanda bentuk futsuukei, 4 data dengan 3 penanda bentuk sonkeigo, 2 data dengan 3 penanda bentuk kenjougo, dan 8 data dengan 6 penanda bentuk teineigo. Faktor sosial yang melatarbelakangi, yaitu 人間関係 ningen kankei (hubungan antara penjual dan pembeli), 年齢 nenrei (usia), dan 場 ba (tempat).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | JI9010 |
Uncontrolled Keywords: | jual beli, sosiolinguistik, variasi bahasa, keigo, faktor sosial. |
Subjects: | S > S468 Sociolinguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:45 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26138 |
Actions (login required)
View Item |