UTAMI, Nofa Sri (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Teka-Teki Silang pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Cilongok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Nofa Sri Utami-F1K014045-Skripsi-2018.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nofa Sri Utami-F1K014045-Skripsi-2018.pdf Download (739kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- FIB- 2018.pdf Restricted to Repository staff only until 26 February 2025. Download (626kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- FIB- 2018.pdf Restricted to Repository staff only until 26 February 2025. Download (686kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- 2018.pdf Restricted to Repository staff only until 26 February 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- FIB- 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- FIB-2018.pdf Download (653kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- FIB-2018.pdf Download (681kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Nofa Sri Utami- F1K014045- Skripsi- FIB-2018..pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media TekaTeki Silang pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Cilongok‖. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Cilongok dan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media teka-teki silang pada materi menulis surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Cilongok yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitiannya yaitu keterampilan menulis surat dinas. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui dua teknik, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes meliputi lembar penilaian, sedangkan teknik nontes terdiri atas observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis surat dinas melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media teka-teki silang siswa kelas VII C meningkat. Peningkatan keterampilan menulis surat dinas siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai siklus I dan siklus II. Rata-rata nilai keterampilan menulis surat dinas siswa pada siklus I mencapai angka 76,25, dengan jumlah nilai 2.440 dan ketuntasannya 71,87%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilainya meningkat menjadi 83 dengan jumlah nilai 2.656 dan ketuntasannya mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berhasil meningkatkan keterampilan menulis surat dinas siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | JI9013 |
Uncontrolled Keywords: | menulis surat dinas, tipe STAD, media teka-teki silang |
Subjects: | W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 08:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 08:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26181 |
Actions (login required)
View Item |