MUAZZAM, Amir (2019) Praanggapan Dalam Iklan Media Cetak Kendaraan Bermotor Roda Dua. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1.COVER-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Download (522kB) |
|
PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Download (638kB) |
|
PDF (BabI)
4.BAB-I-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2025. Download (687kB) |
|
PDF (BabII)
5.BAB-II-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2025. Download (805kB) |
|
PDF (BabIII)
6.BAB-III-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Restricted to Repository staff only until 27 February 2025. Download (680kB) |
|
PDF (BabIV)
7.BAB-IV-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
|
PDF (BabV)
8.BAB-V-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Download (673kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Download (726kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-AMIR MUAZZAM-F1K014039-SKRIPSI-FIB 2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Praanggapan dalam Iklan Media cetak Kendaraan Bermotor Roda Dua”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan jenis praanggapan yang terdapat dalam iklan media cetak kendaraan bermotor roda dua. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan data berupa penggalan teksyang terdapat dalam iklan media cetak kendaraan bermotor roda dua. Subjek penelitian ini adalah media cetak seperti koran, majalah, brosur, leaflet, baliho atau spanduk. Teks-teks itu berupa teks verbal maupun nonverbal. Penelitian ini menggunakan metode simak dalam mengumpulkan data, dengan menggunakan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Data dianalisis dengan metode padan pragmatis yaitu teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding menyamakan Terdapat dua bentuk praanggapan yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu praanggapan semantik dan praanggapan pragmatik. Terdapat empat jenis praanggapan yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktif, praanggapan leksikal, praanggapan nonfaktif. Berbagai macam bentuk dan jenis praanggapan yang ditemukan dalam iklan media cetak kendaraan bermotor roda dua menunjukkan bahwa tuturantuturan dalam iklan media cetak tidak hanya menginformasikan tentang sebuah produk yang ditawarkan. Tetapi, makna dalam iklan media cetak kendaraan bermotor terdapat berbagai bentuk dan jenis praanggapan baik secara tersirat maupun tersurat, sehingga berdasarkan data yang dominan dari bentuk praanggapan adalah bentuk praanggapan semantik, karena bentuk praanggapan semantik menunjukkan adanya kosakata atau kalimat yang mudah dipahami dan makna dari pernyataan atau kalimat dapat tersampaikan dengan jelas. Adapun jenis praanggapan yang dominan adalah jenis praanggapan eksistensial karena jenis praanggapan eksistensial menyatakan suatu keberadaan terhadap iklan yang mengandung makna kepastian dari pernyataan atau kosakata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | JI9015 |
Uncontrolled Keywords: | praanggapan, bentuk, jenis, kendaraan. |
Subjects: | L > L52 Language arts N > N142 Newspaper advertising Packaging |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 02:26 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 02:26 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26200 |
Actions (login required)
View Item |