Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

A Peirce’s Semiotic Analysis On Educational Posters In Posterfortomorrow Website

AISA, Rizky (2019) A Peirce’s Semiotic Analysis On Educational Posters In Posterfortomorrow Website. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf

Download (604kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf

Download (628kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2025.

Download (808kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2025.

Download (771kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2025.

Download (660kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf

Download (678kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf

Download (686kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizky Aisa-F1F013022-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “A Peirce’s Semiotic Analysis On Educational Posters In Poster For Tomorrow Website.” bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi simbolsimbol linguistik yang ditemukan di Poster Pendidikan berdasarkan teori Semiotika Pierce, (2) mengetahui proses semiosi pada Poster Pendidikan berdasarkan teori Semiotika Pierce. Data diambil dari proses mengunduh poster melalui akses internet. Metode deskriptif-kualitatif digunakan untuk menganalisa data penelitian yaitu 8 poster dari situs Poster for Tomorrow yang diterbitkan pada tahun 2011. Poster for Tomorrow adalah organisasi non-profit bertujuan untuk mengajak masyarakat dan menstimulasi debat tentang isu-isu dunia. Poster-poster tersebut diterbitkan saat kampanye Right to Education. Penelitian ini mengaplikasikan teori tanda Pierce (1931) dan teori konteks oleh Danesi (2004) untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini menggunakan simbol, representamen, obyek, dan interpretan pada obyek untuk menginterpretasikan makna pada poster dan pesan yang disampaikan. Dari penelitian, terdapat total 20 simbol, 20 representamen, 20 obyek, dan 20 interpretan. Variabel-variabel tersebut diinterpretasikan menggunakan sumber referensi dan pendekatan teruji. Setiap poster terdiri dari simbol linguistiknya sendiri. Terdapat total 20 simbol yang ditemukan sebagai objek penelitian. Simbol-simbol tersebut dijelaskan berdasarkan gambar yang didukung oleh teks. Simbol-simbolnya adalah sebuah buku dengan frasa " EDUCATION ACCESS FOR EVERYONE ", tangga, warna hitam sebagai latar belakang, warna putih pada kertas, penopang, pensil yang rusak, warna gading sebagai latar belakang, penjara dengan teks " EDUCATION " di bagian dalam penjara dan teks " MUST BE FREE” di luar penjara, setengah pensil dan setengah sumpit, warna abu-abu, warna putih di latar belakang teks, akar pohon yang membentuk tulisan " education”, pohon yang membentuk tulisan "change", sepatu yang lusuh, sertifikat pendidikan, buku, anak yang sedang bermain, warna oranye sebagai latar belakang yang dominan, anak yang sedang bermimpi, mimpi dengan teks " education is the way”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa poster-poster tersebut ditunjukkan untuk mendukung kampanye Right to Education yang dilaksanakan oleh Poster for Tomorrow untuk mempromosikan akses pendidikan yang sama rata dan betapa pentingnya pendidikan. Kedua, pengarang seringkali mengubungkan permasalahan pada negara mereka untuk menyampaikan pesan pada poster. Ada beberapa rekomendasi untuk peneliti lain yang tertarik untuk melakukan penelitian semacam ini. Pertama, mereka dapat menggunakan teori semiotik lainnya. Kedua, mereka dapat melakukan pendekatan linguistik lain seperti analisis wacana, semantik, morfologi, dan lain-lain. Selain itu, mereka dapat menggunakan objek lain untuk menganalisis seperti buku, iklan, lirik lagu, logo perusahaan, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: JI9018
Uncontrolled Keywords: semiotics, sign, semiosis process, poster, education
Subjects: S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:17
Last Modified: 27 Feb 2024 07:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item