CAHYANI, Cahyani (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa VIII A SMP Negeri 2 Kedungbanteng. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Download (509kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Download (642kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 21 March 2025. Download (676kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 21 March 2025. Download (944kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 21 March 2025. Download (924kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Download (739kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Download (669kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-CAHYANI-F1K014049-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan dan perubahan perilaku belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII A SMP dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungbanteng dengan jumlah 33 siswa. Penelitian difokuskan pada peningkatan keterampilan menulis teks berita dan perubahan perilaku belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas teknik pengumpulan data tes dan teknik pengumpulan data nontes. Teknik pengumpulan data tes berupa hasil menulis teks berita siswa. Teknik pengumpulan data nontes berupa teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto.Teknik analisis data yang digunakan, yaitu kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita dan perubahan perilaku belajar siswa, yaitu siswa menjadi lebih aktif selama kegiatan belajar mengajar, siswa lebih percaya diri ketika mengutarakan pendapat, siswa lebih focus saat guru memberikan materi, dan siswa lebih antusias ketika diberi tugas untuk menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Peningkatan dapat dilihat dari perolehan nilai menulis teks berita siswa pada tahap siklus I dan siklus II. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata, yaitu 71,81 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 83,78. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation mampu meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungbanteng.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | JI9042 |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, menulis teks berita, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. |
Subjects: | S > S769 Students W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:40 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26472 |
Actions (login required)
View Item |