Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Legal Protection of Customers and Bank Responsibility For the Loss of Customer Funds (Study of Decision Number 3/Pdt.G/2021/PN TAR)

FAJRI, Muhammad Fatkhul (2024) Legal Protection of Customers and Bank Responsibility For the Loss of Customer Funds (Study of Decision Number 3/Pdt.G/2021/PN TAR). Skripsi thesis, Universitas jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Fathkul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (307kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (330kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (236kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Fatkhul Fajri-E1B019019-Skripsi-2024.pdf

Download (347kB)

Abstract

Bank menurut Pasal 1 Angka 1 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat berbentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Berdasarkan putusan perdata nomor 3/PDT.G/2021/PN TAR Bank Bri dikenakan tanggung jawab atas hilangnya dana nasabah, yang kalah dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tarakan, Kalimantan Utara atas kasus raibnya uang tabungan nasabah, Nurbaya (45), warga Kecamatan Tarakan Tengah, Tarakan senilai Rp 311.269.782,00. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum nasabah terkait kehilangan dana nasabah dan tanggungjawab Bank dalam memberi ganti kerugian kepada nasabah terkait perbuatan melawan hukum oleh Bank BRI dalam Putusan Nomor 3/PDT.G/2021/PN TAR Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normative dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan. Data tersebur kemudian diolah serta dianalisis menggunakan metode normative kualitatif dan disajikan dalam bentuk teks naratif. Berdasarkan hasil penelitian, perlindungan hukum terhadap nasabah dalam putusan nomor 3/PDT.G/2021/PN TAR, yang terdiri dari perlindungan hukum preventif dan represif, di mana perlindungan hukum preventif diatur dalam UU perlindungan konsumen no 8 tahun 1999 pasal 4, pasal 25 POJK No.1/POJK.07/2013, Undang-Undang no 10 tahun 1999 tentang prinsip kerahasian bank. Sedangkan hukum represif sesuai dalam putusan 3/PDT.G/2021/PN Tar telah terpenuhi, di mana pihak tergugat III diwajibkan mengganti kerugian materil dan immaterial kepada nasabah. Pihak tergugat III sesuai putusan hakim mengganti kerugian materil sebesar Rp 249.015.826. Pertimbangan hukum hakim dalam mengabulkan ganti kerugian yang didasarkan pada syarat-syarat mengajukan ganti kerugian berdasrkan pasal 1365 Kitab Undang-undang Hukum Perdata telah terpenuhi. Menurut Majelelis Hakim Tanggung jawab bank dalam mengganti kerugian materil kepada nasabah sebesar 80% dari total kerugian yang dialami oleh penggugat dikarenakan pihak bank berperan besar atas kehilangan uang penggugat yang disebabkan bocornya username dan password yang hanya diketahui oleh admin bank dan nasabah,serta melebihi limit yang telah diperjanjikan bersama. Selain itu, tergugat III harus membayar kerugian immaterial Rp 100.000.000, sebagai konpensasi dikarenakan penggugat mengeluarkan biaya-biaya yang cukup besar dalam menelusuri sendiri penyebab peristiwa yang dialami penggugat serta mencari data data untuk menelusuri perkara ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E24055
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum, tanggung jawab hukum, hilangnya dana nasabah
Subjects: B > B36 Banks and banking
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr. Muhammad Fatkhul Fajri
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:42
Last Modified: 28 Mar 2024 04:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26484

Actions (login required)

View Item View Item