Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hebe Soap: Sabun Organik & Antioksidan Terbuat dari Ampas Kedelai untuk Pemanfaatan Limbah Tahu di Desa Kalisari, Banyumas, Indonesia (Perolehan Kejuaraan pada Kegiatan Malaysia Technology Expo 2023)

BACHTIAR, Egi (2024) Hebe Soap: Sabun Organik & Antioksidan Terbuat dari Ampas Kedelai untuk Pemanfaatan Limbah Tahu di Desa Kalisari, Banyumas, Indonesia (Perolehan Kejuaraan pada Kegiatan Malaysia Technology Expo 2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (BabI)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2025.

Download (152kB)
[img] PDF (BabII)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2025.

Download (181kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2025.

Download (286kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (BabV)
BabV.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan kompetisi ilmiah memegang peranan penting dalam dunia akademis melalui penciptaan terobosan ilmiah dan inovasi. WIIPA bersama dengan IFIA menyelenggarakan kegiatan kompetisi ilmiah Malaysia Technology Expo (MTE) 2023 sebagai wadah yang menampung inovasi dari seluruh dunia. Penyelenggaraan MTE 2023 secara luring dilaksanakan pada 16 – 18 Maret 2023 bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia. Inovasi yang diajukan penulis dalam MTE 2023 berjudul “Hebe Soap: Organic & Antioxidant Body Soap Made from Soybean Dregs to Utilize Tofu Waste in Kalisari Village, Banyumas, Indonesia.” Hasil perlombaan yang didapatkan adalah Gold Medal dan Special Award of Promising Young Entrepreneur. Ide inovasi tersebut berangkat dari konsep ekonomi sirkular yang menekankan kegiatan ekonomi pada dampak kerusakan seminimal mungkin dengan prinsip pengurangan limbah. Kegiatan produksi yang dilakukan UMKM pengrajin tahu menghasilkan limbah padat maupun limbah cair. Sebagai upaya dalam mencapai prinsip ekonomi sirkular tersebut, produk Hebe Soap dikembangkan dengan memanfaatkan limbah ampas kedelai hasil produksi tahu di Desa Kalisari, Banyumas. Hebe Soap adalah produk berbentuk sabun padat yang terbuat dari ampas kedelai. Ketersediaan ampas dari industri pengolahan tahu dan susu kedelai sangatlah tinggi, padahal masih terdapat kandungan gizi dan zat didalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan kulit manusia diantaranya: isoflavones, lignans, phytosterols, coumestans, saponins, dan phytic acid. Hebe Soap menekankan keunggulan pada kandungan antioksidan yang tinggi dan menggunakan bahan pembuatan bersifat organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24205
Uncontrolled Keywords: kompetisi ilmiah, ampas kedelai, ekonomi sirkular
Subjects: S > S416 Soap
W > W50 Waste products
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr. Egi Bachtiar
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:12
Last Modified: 16 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item