Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Produk Sepatu Bekas Tidak Berlabel dan Tanpa Izin Impor berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan Perkara Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 829/Pid.Sus/2023/PN Pbr)

HANNANINGSIH, Jeschika Maharani (2024) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Produk Sepatu Bekas Tidak Berlabel dan Tanpa Izin Impor berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan Perkara Pengadilan Negeri Pekanbaru Nomor 829/Pid.Sus/2023/PN Pbr). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (396kB)
[img] PDF (BabI)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2025.

Download (409kB)
[img] PDF (BabII)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2025.

Download (451kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2025.

Download (372kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] PDF (BabV)
BabV.pdf

Download (328kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (370kB)

Abstract

Kegiatan jual-beli merupakan bentuk dari persetujuan antara pelaku usaha dengan konsumen. Perlindungan hukum pada kegiatan jual beli diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan konsumen (selanjutnya disebut sebagai UU PK). Penjualan sepatu termasuk salah satu bentuk kegiatan jual beli barang antara pelaku usaha dengan konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen produk sepatu bekas tidak berlabel dan tanpa izin impor berdasarkan UU PK pada Putusan Perkara Nomor 829/Pid.Sus/2023/PN Pbr. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan studi dokumenter dan disajikan dengan uraian secara sistematis dan logis dalam bentuk teks naratif serta menggunakan metode analisis data normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Lindahwati selaku konsumen telah mendapatkan perlindungan hukum berdasarkan Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) huruf I Jo Pasal 9 ayat (1) huruf b UU PK. Popo Hariyanto selaku pelaku usaha melanggar Pasal 8 ayat (1) huruf i UU PK dan Pasal 9 ayat (1) huruf b UU PK. Atas hal terseebut, Popo Hariyanto dijatuhi hukuman pidana penjara selama 4 (empat) bulan. Putusan tersebut menjadi bukti bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen atas penjualan sepatu bekas tidak berlabel dan tanpa izin impor telah diupayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E24065
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Produk Sepatu Bekas Tidak Berlabel
Subjects: C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs. Jeschika Maharani Hannaningsih
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:22
Last Modified: 24 Apr 2024 06:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26573

Actions (login required)

View Item View Item