Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Subsektor Perikanan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di 3 Provinsi Pilot Project WPP 718 Tahun 2011-2022

TAMBUNAN, Rachel Theresa Anggita (2024) Pengaruh Subsektor Perikanan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di 3 Provinsi Pilot Project WPP 718 Tahun 2011-2022. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2025.

Download (305kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2025.

Download (376kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2025.

Download (364kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini berjalan karena adanya program pembangunan berkelanjutan berbasis maritim di era Joko Widodo yang ingin memajukan sektor perikanan dalam hal sosial, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan. Pilot Project WPP 718 melihat adanya potensi sumber daya alam sektor perikanan yang besar di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku. Namun pertumbuhan ekonomi sektor perikanan di ketiga Provinsi tersebut tidak sejalan dengan jumlah produksi perikanan yang ada. Maka dari itu penelitian ini ingin menganalisis pengaruh dari Volume Produksi Perikanan Tangkap (VPPT), volume produksi perikanan budidaya (VPPB), nilai tukar petani sektor perikanan (NTPN), dan dana bagi hasil sumber daya alam (DBH SDA) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di 3 provinsi pilot project WPP 718 tahun 2011-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah Autoregression Distributed Lag (ARDL). Metode ini digunakan untuk melihat jangka panjang dan jangka pendek setiap variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Volume Produksi Perikanan Tangkap (VPPT), volume produksi perikanan budidaya (VPPB), nilai tukar petani sektor perikanan (NTPN) dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di 3 provinsi pilot project WPP 718 tahun 2011-2022. Variabel dana bagi hasil sumber daya alam (DBH SDA) berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di 3 provinsi pilot project WPP 718 tahun 2011-2022. Implikasi dari penelitian ini yaitu pemerintah harus mampu membuat kebijakan dengan melakukan pemetaan sehingga mengetahui wilayah yang berpotensi agar dana tersebut tepat sasaran dan digunakan secara optimal. Selain itu pemerintah harus mengoptimalkan hasil dari Volume Produksi Perikanan Tangkap dengan pembuatan regulasi yang tegas mengenai kapal ilegal dan waktu beroperasinya kapal. Sedangkan meningkatkan produksi perikanan budidaya dengan mengembangkan program kewirausahaan bagi masyarakat. Kemudian pemerintah dapat memperbaiki sistem distribusi dan logistik untuk mengurangi biaya transportasi dan mempercepat distribusi hasil produksi dari petani perikanan ke konsumen. Selain itu, perlu juga ada dukungan kebijakan dari pemerintah untuk mengembangkan pasar perikanan di setiap daerahnya agar dapat berdaya saing tinggi agar kesejahteraan masyarakat perikanan meningkat seiring dengan daya beli masyarakatnya. Keterbatasan tersebut yaitu data yang tersedia untuk menunjang penelitian ini terbatas dan cakupan wilayah yang belum luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24213
Uncontrolled Keywords: produksi perikanan, sumber daya alam, PDRB, Autoregressive Distributed Lag
Subjects: C > C618 Commercial products
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs. RACHEL THERESA ANGGITA TAMBUNAN
Date Deposited: 25 Apr 2024 00:59
Last Modified: 25 Apr 2024 00:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item