PERDANA, Ferro Magna (2024) Perancangan Sistem Monitoring Kereta Penumpang Berbasis IoT Menggunakan Protokol MQTT dan PLC WAGO. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Download (7MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2025. Download (7MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2025. Download (7MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2025. Download (7MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Download (7MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Download (7MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ferro Magna Perdana-H1A020040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kereta merupakan moda transportasi yang menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan antar daerah. Data pada tahun 2022 dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sebanyak 19,44 juta orang menggunakan moda transportasi kereta api di seluruh Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan kereta penumpang yang dapat memberikan fasilitas keamanan dan kenyamanan bagi penumpang selama berada di dalam kereta. Kereta penumpang tersusun atas beberapa subsistem yaitu Door Control Unit (DCU), Lighting Control Unit (LCU), Bogie Monitoring, Toilet Monitoring, dan Air Conditioning Unit. Sub-sistem tersebut dapat mengirimkan kondisi pembacaan sensor maupun indikator kondisi operasional sistem ke VCU, sehingga dapat dilakukan proses data logging sebagai track record operasional kereta penumpang. Tetapi metode yang saat ini digunakan dalam melakukan monitoring sub-sistem pada kereta penumpang hanya melalui tampilan pada HMI. Sehingga kondisi operasional sistem hanya dapat dipantau secara lokal oleh masinis atau petugas saat kereta sedang dalam jadwal maintenance rutin. Berdasarkan hasil pengujian, sistem berhasil menghubungkan PLC dengan MQTT Broker dan data monitoring dapat diterima oleh komputer client dengan latensi pengiriman data rata-rata sebesar 66.25 ms, dan durasi query antara Grafana dengan basis data InfluxDB yang berjalan secara lokal rata-rata sebesar 407 ms. Penggunaan PLC WAGO sebagai VCU menjadi fleksibilitas dalam pengembangan sistem dengan menghubungkan PLC dengan jaringan internet. PLC dapat mengirimkan data secara nirkabel dengan protokol Message Queue Telemetry Transport (MQTT) sehingga kereta penumpang dapat terhubung dengan mudah ke pusat pengendali untuk melakukan monitoring kereta penumpang secara jarak jauh dengan siklus pembaruan data setiap 5 detik sekali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24099 |
Uncontrolled Keywords: | TCMS, Sistem Monitoring, IoT, VCU, MQTT, Node-RED, InfluxDB, Grafana |
Subjects: | I > I139 Information systems S > S900 System design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr. Ferro Magna Perdana |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:58 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26707 |
Actions (login required)
View Item |