Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Komponen Pertumbuhan dan Hasil Enam Genotipe Tanaman Brokoli (Brassica oleracea var. italica) Introduksi di Daerah Dataran Tinggi Pratin Purbalingga

NABILLA, Rizka Syifa (2024) Komponen Pertumbuhan dan Hasil Enam Genotipe Tanaman Brokoli (Brassica oleracea var. italica) Introduksi di Daerah Dataran Tinggi Pratin Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2025.

Download (65kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2025.

Download (223kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2025.

Download (148kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Brokoli (Brassica oleracea var. italica) merupakan tanaman hortikultura. Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh manusia karena memiliki kandungan, mineral dan vitamin. Produksi brokoli di Indonesia tergolong masih rendah baik secara kualitas maupun kuantitas. Adanya beberapa keterbatasan dalam budidaya brokoli oleh karena itu sangat diperlukan pengembangan intensif dalam upaya budidaya tanaman brokoli. Oleh karena itu, kegiatan uji daya hasil terhadap beberapa varietas brokoli introduksi yang berpotensi memiliki daya hasil tinggi perlu dilakukan. Pertumbuhan dan daya hasilnya perlu diketahui secara akurat agar dapat dievaluasi untuk pengembangan lebih lanjut yang dapat diharapkan menjadi calon varietas unggul baru untuk dilepas dipasaran. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari daya hasil varietas brokoli introduksi di daerah dataran tinggi Pratin Desa Serang, Kabupaten Purbalingga ini sesuai dengan arah pengembangan varietas Brokoli di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di dataran tinggi (1.250 m di atas permukaan laut) Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga pada bulan Juli hingga Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan terdiri atas 4 varietas brokoli introduksi berupa Chevalier (8), Legacy (9), Tie Mountain (10), dan Eiffel (11); serta 2 varietas brokoli pembanding berupa Hybrida lucky (33) dan Valencia/BL 14001 (34). Variabel yang diamati ialah variabel kuantitatif dan variabel kualitatif. Variabel kuantitatif terdiri dari parameter pertumbuhan berupa tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, lebar dan panjang daun, umur muncul bunga, diameter, panjang dan lingkar bonggol bunga (curd), umur panen, berat kotor, dan berat bersih. Selain itu, variabel kualitatif berupa warna bonggol bunga. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan Uji F pada taraf kesalahan 5%, apabila hasil yang didapat menunjukkan pengaruh nyata maka dilanjutkan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas brokoli introduksi mampu beradaptasi pada kondisi lingkungan di lokasi penelitian terbukti semua varietas brokoli mampu menghasilkan bunga brokoli yang cukup baik. Respon pertumbuhan dan hasil varietas brokoli introduksi bervariasi yaitu pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, lebar dan panjang daun, umur muncul bunga, diameter, panjang dan lingkar bonggol bunga, umur panen, berat kotor, dan berat bersih. Varietas Tie Mountain menunjukkan potensi hasil yang tinggi dibandingkan dengan varietas Chevalier, Legacy, Eiffel, dan varietas pembandingnya yaitu Hibrida Lucky dan Valencia. Namun, waktu panen varietas pembanding lebih cepat dari varietas brokoli introduksi. Varietas yang cepat berbunga yaitu Eiffel, namun hasil (bobot bunga) rendah dan waktu panen lebih lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A24110
Uncontrolled Keywords: Brokoli, varietas introduksi, dataran tinggi, adaptasi
Subjects: V > V30 Vegetable gardening
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs Rizka Syifa Nabilla
Date Deposited: 17 May 2024 06:32
Last Modified: 17 May 2024 06:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item