Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kampanye Feminisme oleh Yayasan Jurnal Perempuan melalui Akun Instagram (Analisis Isi pada Konten Post @jurnal_perempuan)

DAMANIK, Silvy Epriani (2024) Kampanye Feminisme oleh Yayasan Jurnal Perempuan melalui Akun Instagram (Analisis Isi pada Konten Post @jurnal_perempuan). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2025.

Download (397kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2025.

Download (766kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2025.

Download (879kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf

Download (314kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Silvy Damanik-F1C020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Penggunaan internet terus meningkat setiap tahunnya beriringan dengan perubahan kebiasaan masyarakat. Sebagaimana disebutkan dalam Teori Mediatisasi oleh Andreas Hepp (2013), terjadinya interelasi antara media dengan sosio kultural, seperti halnya kampanye feminisme oleh Yayasan Jurnal Perempuan (YJP) melalui akun Instagram @jurnal_perempuan. Menariknya, dengan berbagai prestasi YJP, ternyata akun Instagramnya masih mencapai angka engagement rate yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kampanye feminisme oleh YJP mencakup frekuensi kategori dominan pada konten Instagram @jurnal_perempuan. Dengan metode kuantitatif deskriptif, peneliti melakukan Analisis Isi dengan total sampling, yakni konten post Bulan Juli 2023 hingga November 2023 sebanyak 69 konten post. Hasil penelitian menemukan bahwa Frame of Relevance paling dominan ialah Kajian Feminisme (40,6%), Constellation of Actor paling banyak dengan kategori Tidak Ada Tag (42%), dan Communicative Practice dominan ialah Carousel (59,4%). Ketiga variabel menunjukkan bahwa YJP belum membawakan konten dan memanfaatkan fitur dengan proporsional sehingga berpengaruh buruk terhadap engagement rate bahkan efektivitas kampanye feminisme oleh YJP melalui akun Instagramnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24228
Uncontrolled Keywords: Kampanye Feminisme, Analisis Isi, Engagement Rate
Subjects: C > C32 Campaign literature
F > F109 Feminism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs. Silvy Epriani Damanik
Date Deposited: 21 May 2024 06:55
Last Modified: 21 May 2024 06:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27260

Actions (login required)

View Item View Item