Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Fungsi Pembimbing Kemasyarakatan dalam Pemberian Rekomendasi Program Pembinaan dan Perubahan Perilaku Narapidana Narkotika (Studi Kasus Bapas Kelas II Purwokerto)

ARGIYANTO, Destu (2024) Efektivitas Fungsi Pembimbing Kemasyarakatan dalam Pemberian Rekomendasi Program Pembinaan dan Perubahan Perilaku Narapidana Narkotika (Studi Kasus Bapas Kelas II Purwokerto). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2025.

Download (303kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2025.

Download (372kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2025.

Download (131kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Destu Argiyanto-E2A021021-Tesis-2024.pdf

Download (173kB)

Abstract

Terbitnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan menjadi babak baru sistem pemasyarakatan terhadap model pembinaan narapidana khususnya wewenang Pembimbing Kemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya pada proses pembuatan rekomendasi program pembinaan terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas fungsi pembimbing kemasyarakatan dalam memberikan rekomendasi program pembinaan dan perubahan perilaku narapidana narkotika di wilayah kerja Bapas Kelas II Purwokerto serta kendala apa saja yang dihadapi dalam memberikan rekomendasi program pembinaan dan perubahan perilaku narapidana narkotika di Bapas Kelas II Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu di Bapas Kelas II Purwokerto dan Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data diolah dengan reduksi data, kategorisasi data, dan display data serta dianalisis dengan cara memahami dan merangkai bahan hukum yang telah dikumpulkan dan disusun secara sistematis dan diuraikan dalam kalimat yang teratur, runtut, dan logis, kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini akan diuji menggunakan teori efektivitas hukum yang dikemukakan oleh Donald Black dan teori sistem hukum yang dikemukakan oleh Lawrence M. Friedman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas fungsi Pembimbing Kemasyarakatan di Bapas Kelas II Purwokerto dalam memberikan rekomendasi program pembinaan dan perubahan perilaku kepada narapidana narkotika tidak berjalan efektif karena program pembinaan yang telah dibuat tersebut tidak mempengaruhi peningkatan kualitas perilaku narapidana baik secara kepribadian maupun kemandirian sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Hal ini disebabkan karena kurangnya evaluasi berkala, koordinasi yang lemah, dan ketidakcocokan program dengan kebutuhan individu narapidana yang menghambat efektivitas pembinaan dan perubahan perilaku narapidana. Kendala yang dihadapi Pembimbing Kemasyarakatan dalam pemberian rekomendasi program pembinaan dan perubahan perilaku narapidana narkotika di Balai Pemasyarakatan Kelas II Purwokerto antara lain kurangnya koordinasi dan kolaborasi Pembimbing Kemasyarakatan di Bapas Purwokerto dengan pihak-pihak terkait, ketidakjelasan peraturan dan kurangnya pedoman pelaksanaan terkait Undang-Undang Pemasyarakatan mengakibatkan perbedaan interpretasi dan penerapan program pembinaan yang tidak konsisten, kurangnya pemahaman dan ketidakstabilan emosi narapidana narkotika terhadap program pembinaan yang diberikan serta kurang optimalnya kapasitas sumber daya manusia pembimbing kemasyarakatan dalam merancang program pembinaan bagi narapidana yang pada gilirannya dapat menghambat efektivitas program.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224116
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembimbing Kemasyarakatan, Program Pembinaan
Subjects: P > P532 Prisoners Education
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr DESTU ARGIYANTO
Date Deposited: 27 May 2024 09:23
Last Modified: 27 May 2024 09:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item View Item