KINASIH, Sekar Ayu (2024) Strategi Personal Selling Bank Jateng Kantor Cabang Purwokerto dalam Mensosialisasikan Layanan M-Banking kepada Nasabah Pensiunan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Download (272kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. HALAMAN PENGESAHAN-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Download (296kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Download (267kB) |
|
PDF (Daftarpustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Download (287kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Sekar Ayu Kinasih-F1C020018-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
Abstract
Era digital telah membawa perubahan yang signifikan dalam dunia perbankan dengan adanya layanan berbasis mobile (m-banking) yang menawarkan berbagai kemudahan, tetapi pada kenyataannya masih terdapat nasabah Bank Jateng Kantor Cabang Purwokerto yang belum menggunakannya, khususnya nasabah pensiunan. Minat nasabah pensiunan untuk menggunakan layanan mobile banking Bank Jateng (Bima Mobile) menjadi urgensi yang perlu ditangani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi personal selling, tahapan strategi personal selling, serta kelebihan dan kekurangan dari strategi personal selling yang dilakukan oleh Bank Jateng Kantor Cabang Purwokerto dalam mensosialisasikan layanan mobile banking kepada nasabah pensiunan. Informan dalam penelitian ini merupakan kepala bidang pemasaran, dua staff pemasaran, dan satu teller Bank Jateng Kantor Cabang Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Model SMCR (Source, Message, Channel, and Receiver) dalam mengkaji penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Bank Jateng Kantor Cabang Purwokerto menggunakan strategi personal selling dalam bentuk field dan retail selling yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu prospecting, preapproach, approach, presentation, handling objection, closing, dan follow-up. Hasil lain dari penelitian ini yaitu strategi personal selling yang dilakukan oleh Bank Jateng Kantor Cabang Purwokerto memiliki kelebihan berupa personalisasi dan interaksi secara langsung, pendekatan secara emosional, adanya promosi menarik, fokus pada kepuasan nasabah, dan kemampuan untuk melakukan promosi cross-selling, serta kekurangan berupa kurangnya spesifikasi data dan keterbatasan kompatibilitas gadget.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24254 |
Uncontrolled Keywords: | personal selling strategy, socialization, mobile banking, retired customers |
Subjects: | B > B36 Banks and banking |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Sekar Ayu Kinasih |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:58 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27744 |
Actions (login required)
View Item |