INDRANINGSIH, Putri Galuh (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Ekonomi dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Download (49kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2025. Download (198kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2025. Download (225kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2025. Download (225kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Download (52kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Putri Galuh Indraningsih-C1L020021-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model eksperimen yang dilakukan terhadap siswa di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI-F3A dan XI-F3B pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan model Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design dimana prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-F1A sampai XI-F1C dan XI-F3A sampai XI-F3B SMA Negeri 3 Purwokerto yang berjumlah 180 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa yang merupakan siswa kelas XI-F3A dan XI-F3B SMA Negeri 3 Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvesional; (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvesional; (3) Terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar ekonomi siswa; (4) Terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah sekolah dan pendidik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament. Model ini mendorong keterlibatan aktif siswa dan kerjasama dalam menguasai pembelajaran dari pendidik, sehingga siswa akan lebih mudah memahami bahan ajar atau materi pembelajaran, meningkatkan rasa percaya diri siswa, serta tercapainya hasil belajar dan motivasi belajar yang optimal. Peneliti dapat menambah pemahaman mengenai pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar ekonomi dan motivasi siswa, serta menjadi pedoman bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan, membantu mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24321 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Hasil Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Putri Galuh Indraningsih |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27903 |
Actions (login required)
View Item |