ASYAM, Muhamad Hilmy (2024) Perancangan Sistem Kontrol Pengkondisi Udara Pada Kereta Api Penumpang Kereta Api Dengan Metode Machine Learning Menggunakan PLC Beckhoff. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhamad Hilmy Asyam-H1A020088-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
AC (Air Conditioner) adalah perangkat elektronika yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. Penggunaan AC di kereta api merupakan hal yang penting untuk menjaga kenyamanan bagi penumpang. Kenyamanan termal seseorang di dalam ruangan dapat diukur dengan metode yang dikenalkan oleh Professor Fanger dari University of Denmark dengan mengindikasikan sensasi dingin dan hangat melalui indeks PMV (Predicted Mean Vote). Pengontrolan AC pada kereta api biasanya menggunakan metode konvensional dimana set point AC akan dimasukan secara manual melalui HMI (Human Machine Interface), metode tersebut memiliki keterbatasan dalam menyesuaikan suhu secara dinamis dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan penumpang. Dengan teknologi machine learning, terutama neural network, memungkinkan kereta api untuk memiliki sistem kontrol AC yang lebih cerdas dan adaptif. Pada penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen dan simulai untuk menentukan performa model machine learning yang baik dan stabil. Pada program PLC akan menjalankan program neural network menggunakan python dan mengirim data sensor seperti suhu, kelembapan dan isolasi pakaian. Lalu program neural network akan memilih set point suhu pada AC yang hasilnya akan dikirim ke PLC untuk digunakan sebagai set temperature untuk memilih mode AC berdasarkan logika yang sudah dibuat. Berdasarkan hasil dari eksperimen dan simulasi yang dilakukan, machine learning yang dibuat mampu menentukan set point AC dan dapat secara stabil menjaga kenyamanan termal dan tidak membebani PLC dengan hasil pengukuran nilai error yang rendah dengan nilai rata-rata MAE sebesar 0,10637 dan nilai rata-rata MSE sebesar 0,03182.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24210 |
Uncontrolled Keywords: | kenyamanan termal, machine learning, neural network, PMV, beckhoff |
Subjects: | A > A147 Air conditioning M > M1 Machine design S > S900 System design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Muhamad Hilmy Asyam |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:20 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28122 |
Actions (login required)
View Item |