Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga

OKSAOI, Fanindia Luthfi (2024) Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (cover)
COVER- Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga-2024.pdf

Download (311kB)
[img] PDF (legalitas)
LEGALITAS-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] PDF (abstrak)
ABSTRAK-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga..pdf

Download (303kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (2).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2025.

Download (79kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (3).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2025.

Download (225kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (2).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2025.

Download (79kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (3).pdf

Download (52kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (1).pdf

Download (320kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fanindia Luthfi Oksaoi-J1D020051-Kesantunan Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)

Abstract

Oksaoi, Fanindia Luthfi. 2024. “Kesantunan Berbahasa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga”. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman. Kesantunan berbahasa berperan penting sebagai tolok ukur penggunaan bahasa yang sesuai etika di lingkungan sekolah. Observasi menunjukkan bahwa beberapa tuturan selama proses pembelajaran belum memenuhi standar kesantunan yang diharapkan, menghambat interaksi antara guru dan siswa serta antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Purbalingga pada guru dan siswa kelas 10 XI, 11 D2, dan 12 MIPA 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan fokus pada tuturan guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan antar siswa dengan siswa selama pembelajaran Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat, serta dianalisis menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding membedakan. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara deskriptif, menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 tuturan yang ditemukan, terdapat 16 tuturan guru dengan siswa, 3 tuturan siswa dengan guru, dan 12 tuturan antar siswa. Bentuk kesantunan berbahasa yang ditemukan meliputi 10 data maksim kebijaksanaan, 3 maksim kedermawanan, 2 maksim penghargaan, 1 maksim kesederhanaan, 6 maksim persetujuan, dan 6 maksim simpati. Strategi kesantunan berbahasa yang digunakan terdiri dari 13 strategi kesantunan langsung, 12 strategi kesantunan positif, 1 strategi kesantunan tersamar, dan 5 strategi kesantunan negatif. Penelitian ini memberikan wawasan tentang kesantunan berbahasa dalam konteks pendidikan di SMA, terutama dalam interaksi sehari-hari antara guru dan siswa. Temuan ini dapat menjadi dasar pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan memperhatikan aspek kesantunan berbahasa, serta menekankan pentingnya pemahaman terhadap berbagai bentuk dan strategi kesantunan untuk menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24162
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, pembelajaran bahasa indonesia, strategi kesantunan
Subjects: I > I79 Indonesia
L > L51 Language and languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fanindia Luthfi Oksaoi
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:47
Last Modified: 25 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item