Kualitas pelayanan administrasi terpadu kecamatan (studi kualitas pelayanan kartu keluarga di Kecamatan Baturraden)

RAMADHAN, Donni (2017) Kualitas pelayanan administrasi terpadu kecamatan (studi kualitas pelayanan kartu keluarga di Kecamatan Baturraden). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemerintah Kecamatan sebagai salah satu unit organisasi pemerintah daerah mempunyai kedudukan yang strategis karena berada di garis depan (front line) yang berhadapan langsung dengan masyarakat dengan berbagai macam latar belakang, kebutuhan dan tuntutan yang selalu berubah dan berkembang. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2000 tentang pembangunan nasional (PROPENAS), perlu disususn indek kepuasan masyarakat sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan sekaligus sebagai bahan pertimbangan perbaikan. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Baturraden Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif Penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Berdasarkan hasil penelitian dari aspek tagible secara umum kondisi sarana dan prasarana Kecamatan Baturraden sudah baik dan lengkap, namun ada beberapa fasilitas yang harus ditingkatkan atau ditambahkan karena fungsinya belum maksimal seperti internet dan parkir motor. Dari aspek responsivenses, dalam memahami kebutuhan masyarakat dan tingkat inisiatif pegawai Kecamatan Baturraden sudah baik. jika ada masyarakat yang kurang paham atau berkas kurang lengkap petugas tidak segan – segan untuk membantu untuk menjelaskan. Dari aspek Competence petugas kecamatan sudah memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pelayanan KK. Kendala yang dihadapi dalam pelayanan KK yaitu kadang kalau ada orang nikah nanti di ganti nama tua dan nama tua itu tidak sesuai dengan ijazah serta kurangnya informasi dari desa ke masyarakat sehingga kadang timbul masalah. Petugas sudah pernah mengukuti pelatihan pelayanan, namun belum ada pelatihan lanjutan. Dari aspek akses, lokasi ke Kecamatan Baturraden strategis karena berada di pinggir jalan sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Berdasarkan hasil observasi waktu pelayanan sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dibuktikan dari mulai awal masyarakat menerima pelayanan sampai selesai memerima pelayanan, namun ada beberapa kendala yang sering terjadi seperti waktu jadinya dokumen masih menunggu dan sekarang menggunakan tinta basah tergantung jika pejabat yang bersangkutan keluar kota, maka prosesnya menjadi lama, maka dapat disimpulkan pelayanan kartu keluarga (KK) di kantor Kecamatan Baturraden sudah berjalan cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17274
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Kartu Keluarga.
Subjects: P > P144 Performance standards
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:23
Last Modified: 29 Jul 2020 04:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year