Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kekeringan Daerah Aliran Sungai Cisanggarung Menggunakan Model SWAT (Soil Water Assessment Tool)

GUMELAR, Aditya Wira Pratama (2024) Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kekeringan Daerah Aliran Sungai Cisanggarung Menggunakan Model SWAT (Soil Water Assessment Tool). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf

Download (750kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aditya Wira Pratama Gumelar-H1B020086-Skripsi-2024.pdf

Download (289kB)

Abstract

Perubahan iklim menjadi isu yang sangat mengkhawatirkan dan menjadi perhatian dunia. Perubahan iklim terjadi karena adanya perubahan variabel iklim seperti suhu, curah hujan, kelembaban, radiasi matahari, dan kecepatan angin. Perubahan iklim dapat berdampak pada terancamnya kekurangan ketersediaan air di daerah aliran sungai, termasuk DAS Cisanggarung. DAS Cisanggarung adalah DAS yang termasuk bagian wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis mengenai dampak perubahan iklim terhadap bencana kekeringan di DAS Cisanggarung. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mensimulasikan perubahan iklim menggunakan pendekatan scenario-neutral lalu melakukan perhitungan indeks kekeringan hidrologi. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui cara pemodelan hidrologi pada DAS Cisanggarung menggunakan software SWAT; (ii) untuk mengetahui cara pembuatan skenario perubahaan iklim berupa curah hujan menggunakan pendekatan scenario-neutral; (iii) untuk mengetahui respons sensitivitas DAS Cisanggarung terhadap skenario perubahan iklim; (iv) untuk mengetahui dampak perubahan iklim terhadap risiko bencana kekeringan pada DAS Cisanggarung. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder. Data yang digunakan adalah data digital elevation model (DEM), data land use and land cover (LULC), data jenis tanah, dan data iklim yang berupa data suhu, curah hujan, kelembaban, radiasi matahari, dan kecepatan angin. Pemodelan hidrologi dilakukan menggunakan model SWAT dengan tahapan-tahapan yaitu deliniasi DAS, pembentukan HRU, penggabungan HRU dengan data iklim, simulasi SWAT, dan kalibrasi dan validasi. Dalam melakukan pendekatan -scenario-neutral digunakan program Rstudio. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil pemodelan hidrologi DAS Cisanggarung dengan nilai R2 0.92 dan nash-sutcliffe 0.91. Dalam skenario perubahan iklim menggunakan data curah hujan, dihasilkan skenario curah hujan sebanyak 130 simulasi. Hasil analisis sensitivitas DAS menunjukan bulan yang memiliki ketersediaan air yang tinggi terjadi pada rentang bulan Desember – April, sedangkan bulan yang memiliki ketersediaan air yang terbilang sedikit ada pada rentang bulan Mei – November. Hasil analisisis indeks kekeringan hidrologi menunjukkan bahwa dampak perubahan iklim terhadap bencana kekeringan di DAS Cisanggarung terbilang tidak signifikan dengan melihat hasil yang serupa dari setiap debit skenario yang sudah disimulasikan dengan total bulan kering pada sepanjang tahun 1981-2013 sebanyak 72 bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24251
Uncontrolled Keywords: DAS Cisanggarung, Ketersediaan Air, Pemodelan Hidrologi, Pendekatan Scenario-Neutral, Perubahan Iklim, Indeks Kekeringan Hidrologi.
Subjects: C > C475 Climate
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Aditya Wira Pratama Gumelar
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:11
Last Modified: 30 Jul 2024 01:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item View Item