Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Cooperative and Mutual Enterprise Business Model Canvas (CME-BMC) Pada Institusi Keuangan Mikro Syariah: Upaya Meningkatkan Keberlanjutan Dan Literasi Keuangan Syariah (Studi Kasus pada BMT Amanahku)

ISNAENY, ROHYANA NUR (2024) Analisis Cooperative and Mutual Enterprise Business Model Canvas (CME-BMC) Pada Institusi Keuangan Mikro Syariah: Upaya Meningkatkan Keberlanjutan Dan Literasi Keuangan Syariah (Studi Kasus pada BMT Amanahku). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB-I-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB-II-Rohyana Nur Isnaeny-C2D002001-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB-III-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB-V-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Rohyana Nur Isnaeny-C2D022001-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian pengelola dan anggota dari BMT Amanahku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengembangkan model bisnis berdasarkan kerangka Cooperative And Mutual Enterprise Business Model Canvas (CME-BMC). Penelitian ini dilakukan melalui prosedur analisis pengelolaan model awal, analisis SWOT dan pengembangan model bisnis berdasarkan kerangka Cooperative And Mutual Enterprise Business Model Canvas (CME-BMC). Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, focus group discussion (FGD) dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mengintegrasikan data yang diperoleh dari wawancara, kuesioner, FGD dan observasi untuk selanjutnya dianalisis dan dipilih data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Validasi yang digunakan diantaranya yaitu triangulasi teknik, member checking, serta peer review. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa perlu dilakukan pengembangan sembilan elemen kerangka Cooperative And Mutual Enterprise Business Model Canvas (CME-BMC) pada BMT Amanahku. Pada elemen purpose, BMT Amanahku perlu melakukan legalitas usaha dan penambahan segmen anggota. Elemen Member Value Proposition (MVP) perlu adanya perbaikan waktu layanan operasional, mempertahankan produk pembiayaan terjangkau dan meningkatkan kepatuhan syariah. Pada elemen Share Structure, lembaga perlu memperbaiki mekanisme sistem pemungutan simpanan pokok dan wajib serta sifat keanggotaan bersifat tidak terbatas. Elemen Governance disarankan untuk membentuk dewan pengawas syariah dan adanya pemisahan antara pengurus dan pengelola BMT. Pada elemen membership and community disarankan apabila kelak telah memiliki legalitas usaha maka keanggotaan bersifat terbuka dan disarankan untuk menambah mitra usaha. Elemen Key Resources, BMT Amanahku perlu membuat sistem komputerisasi akuntansi dan menambah karyawan. Elemen Key Process, BMT Amanahku perlu membuat empat standar operasional berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 8 Tahun 2023. Pada elemen Profit Formula perlu ditambahkan produk simpanan lainnya dan produk jasa keuangan lainnya. Selain itu, kebijakan pembagian SHU untuk anggota perlu dibahas pada rapat anggota tahunan. Elemen Economic and Social Performance disarankan perlu adanya bagi hasil/ bonus bagi anggota yang aktif menabung, pembagian sisa hasil usaha, optimalisasi peningkatan literasi keuangan syariah melalui digital promosi, pelibatan praktik siswa, dan kegiatan maal melalui pengelolaan serta penyaluran dana berupa infak dan sedekah.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224159
Uncontrolled Keywords: Model Bisnis, Business Model Canvas, BMT
Subjects: B > B412 Business
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Mrs. Rohyana Nur Isnaeny
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:56
Last Modified: 01 Aug 2024 00:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28263

Actions (login required)

View Item View Item