ROSYID, Anwar Abdur (2024) Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Mitra Third Party Logistic (3PL) Menggunakan Metode ANP dan DEMATEL (Studi Kasus: PT. Kampung Marketerindo Berdaya). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Download (302kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 1 August 2025. Download (272kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 1 August 2025. Download (558kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 1 August 2025. Download (473kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 1 August 2025. Download (870kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
PDF (BabVI)
BAB-VI-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Download (252kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Download (219kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anwar Abdur Rosyid-H1E020019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PT. Kampung Marketerindo Berdaya merupakan perusahaan startup yang berkolaborasi dengan pebisnis online dan UMKM untuk membantu optimalisasi bisnis E-Commerce sebagai “E-Commerce Enabler”. Dalam proses bisnisnya perusahaan bekerjasama dengan mitra Third Party Logistic (3PL). Namun, masih ditemui beberapa permasalahan yang terjadi mengenai kinerja mitra 3PL yaitu kinerja pelayanan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga muncul klaim masalah dari customer. Dalam mengatasi permasalahan tersebut diperlukan evaluasi terhadap kinerja mitra Third Party Logistic. Pada penelitian ini pengukuran dan evaluasi kinerja mitra 3PL menggunakan metode ANP dan DEMATEL. Metode DEMATEL digunakan untuk menganalisis hubungan antar kriteria/sub-kriteria dalam evaluasi sehingga diperoleh struktur jaringan kriteria yang lebih kompleks yang membantu memperjelas hubungan antar kriteria pada model jaringan ANP sehingga bobot kriteria lebih akurat dan obyektif. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja mitra 3PL diperoleh mitra terbaik yaitu Si Cepat Express dengan nilai total kinerja 56,98. Urutan kedua yaitu mitra SAP Express memperoleh nilai kinerja 56,35. Ketiga mitra iD Express dengan nilai kinerja 52,08. Selanjutnya urutan terakhir adalah mitra JNE dengan nilai kinerja total 49,84. Adapun saran perbaikan yang dapat dilakukan yaitu: (1) Evaluasi dan monitoring berkala on time delivery pengiriman. (2) Monitoring lead time dan perencanaan waktu pengiriman yang tepat. (3) Mengoptimalkan rute pengiriman untuk penghematan waktu dan meningkatkan efisiensi transportasi dengan penerapan Transportation Management System (TMS). (4) Proses quality control packaging sebelum pengiriman untuk memastikan kelengkapan barang dan kualitas pengemasan produk yang dikirim oleh mitra 3L.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24238 |
Uncontrolled Keywords: | Third Party Logistic, DEMATEL, ANP |
Subjects: | I > I94 Industrial efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mr Anwar Abdur Rosyid |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28276 |
Actions (login required)
View Item |