Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku Konsumsi Jajanan, Tingkat Kecukupan Energi dan Lemak dengan Status Gizi (Studi pada Siswa SMP N 1 Sokaraja)

PUTRI, Bella Lolita Yuliana (2024) Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku Konsumsi Jajanan, Tingkat Kecukupan Energi dan Lemak dengan Status Gizi (Studi pada Siswa SMP N 1 Sokaraja). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
bab i.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
bab 5-halaman-1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
bab 5-halaman-2.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
bab 5-halaman-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan, sikap, perilaku pemilihan jajanan, tingkat kecukupan energi dan lemak berpengaruh terhadap status gizi pada remaja. Selain itu, asupan jajanan yang berpengaruh adalah makanan yang mengandung lemak dan tinggi energi yang dapat menyebabkan overweight. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, perilaku konsumsi jajanan, tingkat kecukupan energi dan lemak dengan status gizi (studi pada siswa SMP N 1 Sokaraja). Metodologi: Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan studi cross sectional di SMP N 1 Sokaraja. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling didapatkan sebanyak 84 responden. Data diperoleh dari pengisian kuesioner pengetahuan, sikap, perilaku konsumsi jajanan dan asupan makan menggunakan food recall 2x24 jam, serta pengukuran antropometri. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan hasil uji Chi-Square responden memiliki pengetahuan konsumsi jajanan baik (52,4%), sikap konsumsi jajanan baik (84,5%), perilaku konsumsi jajanan cukup (58,3%), tingkat kecukupan energi lebih (41,7%), tingkat kecukupan lemak baik (36,9%) dan status gizi lebih (41,7%). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan konsumsi jajanan (p=0,723), sikap konsumsi jajanan (p=0,213), perilaku konsumsi jajanan (p=0,116) dengan status gizi. Terdapat hubungan antara tingkat kecukupan energi (p=0,000) dan tingkat kecukupan lemak (p=0,043) dengan status gizi. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, perilaku konsumsi jajanan dengan status gizi. Terdapat hubungan antara tingkat kecukupan energi dan lemak dengan status gizi. Kata Kunci: pengetahuan, perilaku, sikap konsumsi jajanan, tingkat kecukupan energi, tingkat kecukupan lemak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I24239
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, perilaku, sikap konsumsi jajanan, tingkat kecukupan energi, tingkat kecukupan lemak.
Subjects: H > H305 Human behavior
N > N245 Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Gizi
Depositing User: Mrs Bella Lolita Yuliana Putri
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:46
Last Modified: 05 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28334

Actions (login required)

View Item View Item