Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kinerja Usaha PT Mozaik Furniture dengan pendekatan balanced scorecard

SULAIMAN, Fadila Ramadhani Ibnatu (2024) Analisis Kinerja Usaha PT Mozaik Furniture dengan pendekatan balanced scorecard. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf

Download (523kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (BabI)
Bab 1 Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2025.

Download (657kB)
[img] PDF (BabII)
Bab 2 Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2025.

Download (659kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab 3 Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2025.

Download (677kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab 4 Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] PDF (BabV)
Bab 5 Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf

Download (595kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf

Download (608kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman C1C020093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kinerja Usaha PT Mozaik Furniture dengan Pendekatan Balanced Scorecard” yang merupakan studi kasus pada PT Mozaik Furniture yang beralamat di di Jl. Raya Pondok Gede No. 17A, Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Dalam penelitian ini penulis mengevaluasi kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard. Balanced scorecard merupakan sebuah pendekatan evaluasi kinerja secara komprehensif yang dikembangkan oleh Kaplan dan Nornton (1996). Pendekatan ini mencoba mengukur kinerja sebuah perusahaan yang dilakukan secara komprehensif yang mencakup semua perspektif pengukuran kinerja yaitu: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Perspektif keuangan mengukur sejauh mana kontribusi keuangan yang dapat dicapai oleh perusahaan dalam menyumbangkan kinerja positif bagi perusahaan. Perspektif ini diukur dengan berbagai proksi yang biasa digunakan untuk mengukur kinerja keuangan seperti net profit margin (NPM), rasio efisiensi, return on assets ROA), return on equity (ROE), dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan pengukuran NPM dan rasio efisiensi untuk mengukur perspektif keuangannya. Perspektif pelanggan ditandai dengan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru. Dengan pelanggan lama tetap bertahan dan jumlah pelanggan bar uterus meningkat maka akan menunjukkan bahwa produk-produk yang dihasilkan perusahaan mampu bersaing dipasaran sehingga banyak diminati oleh para konsumen. Perspektif proses bisnis internal diukur dari sejauh mana kemampuan perusahaan melakukan pengelolaan perusahaan secara efektif dan efisien. Efektif dapat dicapai ketika perusahaan dalam proses bisnisnya mampu secara tepat mencapai seluruh target perusahaan. Sedangkan efisien lebih diloihat dari kemampuan perusahaan meminimalkan biaya sehingga banyak penghematan yang bisa dilakukan. Adapun pembelajaran dan pertumbuhan dapar dilihat dari sejauh mana pelatihan-pelatihan yang dilakukan perusahaan mampu meningkatkan kemampuan seluruh karyawannya. Dengan meningkatnya pengetahuan dan kemampuan seluruh karyawan maka mereka akan terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk yang banyak diminati oleh para kosumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setelah dilakukan analisis balanced scorecard Pada PT Mozaik Furniture, kondisi kinerja perusahaan dalam seluruh perspektif balanced scorecard yang meliputi perpektif keuangan, konsumen, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan dalam kondisi “memadai” dan mendekati level “baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24372
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran
Subjects: B > B420 Business enterprises
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Fadila Ramadhani Ibnatu Sulaiman
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:33
Last Modified: 09 Aug 2024 04:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28372

Actions (login required)

View Item View Item