HARTOYO, Dwi (2024) Pengaruh Beban Lalu Lintas terhadap Kekuatan Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) Modifikasi dengan Penambahan Limbah Oli dan Ban Bekas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Download (53kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2025. Download (58kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2025. Download (175kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2025. Download (778kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Download (53kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dwi Hartoyo-H1B019058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Jalan adalah infrastruktur utama yang mendorong perekonomian dan mobilitas masyarakat. Perkerasan lentur lebih sering digunakan di lapangan karena lebih nyaman, ekonomis, dan cepat dalam pelaksanaannya. Namun, jenis perkerasan ini lebih rentan terhadap kerusakan permukaan. Kerusakan biasanya terjadi akibat beban berlebih dan tingginya volume kendaraan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan perkerasan lentur yang dimodifikasi. Penambahan limbah ke dalam campuran aspal modifikasi dapat meningkatkan kekuatan perkerasan. Limbah ban bekas dengan kekuatan tarik yang tinggi dan oli bekas sebagai bahan peremaja diharapkan dapat meningkatkan kualitas perkerasan serta mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan. Penelitian ini mencakup pengujian menggunakan metode Marshall dan pemodelan dengan metode elemen hingga menggunakan SimScale. Pengujian Marshall dilakukan pada campuran aspal AC-WC yang dimodifikasi dengan penambahan limbah ban dan oli dengan perbandingan 1:1 dan 2:1, serta kadar penambahan 0%, 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5% terhadap berat bitumen. Selanjutnya, dilakukan pemadatan dengan variasi 2×75 tumbukan untuk beban lalu lintas tinggi dan 2×50 tumbukan untuk beban lalu lintas sedang. Hasil pengujian menunjukkan kualitas maksimal pada benda uji dengan perbandingan ban dan oli 1:1 pada kadar 3% dan pemadatan 2×75 tumbukan, dengan nilai stabilitas 1712,422 kg. Peningkatan nilai stabilitas maksimal pada kadar 3% dibandingkan dengan campuran tanpa bahan tambahan adalah 98,965 kg atau meningkat 6,13%. Nilai stabilitas meningkat seiring dengan peningkatan kadar limbah hingga mencapai maksimum pada kadar 3%, setelah itu menurun. Hasil pemodelan FEM menggunakan SimScale cukup akurat dengan selisih 0%-5% dibandingkan hasil pengujian di laboratorium. Oleh karena itu, software SimScale dapat membantu memprediksi hasil pengujian Marshall.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24265 |
Uncontrolled Keywords: | AC-WC modifikasi; Beban lalu lintas; Marshall; Limbah oli dan ban; Metode elemen hingga |
Subjects: | G > G260 Grounds maintenance Landscape architecture Roads R > R285 Roads |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Dwi Hartoyo |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 11:21 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 11:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28442 |
Actions (login required)
View Item |