LESTARI, Nida Putri (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar (SD) (Studi Kasus di SD Negeri Kalierang 02, Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRRIPSI-2024.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRRIPSI-2024.pdf Download (115kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2025. Download (207kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2025. Download (246kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 9 August 2025. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRIPSI-2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRIPSI-2024.pdf Download (900kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-NIDA PUTRI LESTARI-F1B020033-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam kemajuan sebuah bangsa dengan mencerdaskan generasi penerusnya dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Pendidikan pada masa pandemi covid-19 mengalami kesulitan sehingga pemerintah mau tidak mau mengeluarkan kurikulum darurat yang menjadi latar belakang ditetapkannya kurikulum merdeka. SD Negeri Kalierang 02 sendiri megimplementasikan kurikulum merdeka dalam kategori mandiri berbagi. Pada kategori ini, sekolah diharapkan dapat membagikan praktik baik pelaksanaan kurikulum merdekanya kepada sekolah lain. Akan tetapi, sejak kurikulum merdeka diterapkan, SD Negeri Kalierang 02 belum dapat membagikan praktik baiknya kepada sekolah-sekolah yang berada di kabupaten Brebes. Oleh karena itu, peneliti tertatik untuk mengkaji implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kalierang 02 dengan menggunakan kajian implementasi kebijakan model Edward III yang memiliki empat aspek diantaranya komunikasi, sumber daya, sikap/disposisi, dan struktur organisasi. Tujuannya adalah untuk mengkaji bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar khususnya di SD Negeri Kalierang 02. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan sasaran penelitian meliputi aparat Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Kepala Bidang Kurikulum, tenaga pendidik, dan Wali Murid. Metode analisis data menggunakan analisis data interaktif dari Miles & Huberman, dengan teknik validitas dan reliabilitas yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek komunikasi, sosialisasi pelaksanaan kurikulum merdeka telah dilaksanakan mulai dari tingkat pusat hingga kepada sekolah, guru, dan wali murid. Dalam aspek sumber daya, masih terdapat beberapa sarana dan prasarana yang belum tercukupi, akan tetapi dewan guru berionovasi dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar agar dapat menutupi sarana dan prasarana yang tidak tersedia. Sedangkan untuk SDM, sebagian besar guru telah memiliki kompetensi yang cukup untuk melaksanakan kurikulum merdeka meskipun masih terdapat beberapa yang masih perlu diberikan arahan. Dalam aspek sikap/disposisi, baik kepala sekolah, guru, maupun wali murid menerima dengan baik adanya pelaksanaan kurikulum merdeka. Sedangkan dalam aspek struktur organisasi tugas pokok dan fungsi guru disesuaikan dengan tanggung jawabnya. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kalierang 02 belum mencapai tingkat optimal. Beberapa temuan utama diantaranya kendala dalam sarana dan prasarana seperti perangkat teknologi, serta pentingnya modal, sarana yang memadai, dan peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah. Keberhasilan pelaksanaan kurikulum ini dipengaruhi oleh kerjasama antara semua pihak terkait.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24295 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan Publik, Kurikulum Merdeka, Kurikulum Sekolah Dasar |
Subjects: | E > E71 Education Curricula G > G193 Government policy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mrs. Nida Putri Lestari |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 11:26 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 11:26 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28496 |
Actions (login required)
View Item |