Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Kekuatan Asphalt Concrete Wearing Course Modifikasi Campuran Limbah Ban Bekas dan Oli Bekas

SUBHAKTI, Adi Pradipta (2024) Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Kekuatan Asphalt Concrete Wearing Course Modifikasi Campuran Limbah Ban Bekas dan Oli Bekas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2025.

Download (159kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2025.

Download (365kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2025.

Download (762kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ADI PRADIPTA SUBHAKTI-H1B019066-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Aspal modifikasi menjadi inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas sebuah jalan sehingga lebih tahan lama sesuai dengan umur rencananya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan limbah ban bekas dan oli bekas kedalam campuran aspal seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Dengan begitu kualitas yang dihasilkan dapat dibandingkan dengan campuran aspal tanpa limbah. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kandungan limbah ban bekas berupa serbuk dan oli bekas proporsi 1:1 dan 2:1 yang ditambahkan pada aspal panas sebelum dilakukan mix design dengan variasi 1%, 2,%, 3%, 4%, dan 5% dari kadar aspal optimum, serta direndam pada suhu 60°C, 65°C, dan 70°C sebelum pengujian Marshall. Sedangkan untuk variabel terikat berupa nilai stabilitas, flow, Marshall Quotient (MQ), dan Modulus Young. Nilai stabilitas maksimum yang dihasilkan adalah 1919,523 Kg dengan flow 2,4 mm terdapat pada campuran aspal dengan perbandingan limbah ban bekas dan oli bekas perbandingan 1:1 variasi 3 % yang direndam pada suhu 65°C. Hasil pemodelan SimScale campuran yang sama didapat nilai stabilitas sebesar 1957,604 Kg dengan selisih 1,95 % dari uji eksperimental, dan nilai flow 2,411 mm dengan selisih 0,47 %. Hal ini menunjukkan pemodelan dengan aplikasi SimScale dapat memberikan gambaran perilaku benda uji saat diberikan beban. Dapat disimpulkan bahwa penambahan limbah ban bekas dan oli bekas dengan variasi tertentu dan proporsi yang tepat pada campuran aspal dapat meningkatkan stabilitas maksiumum dibandingkan dengan campuran aspal tanpa tambahan limbah. Campuran aspal modifikasi juga lebih tahan terhadap perubahan iklim yang digambarkan dengan kenaikan suhu perendaman, namun hanya sampai 65°C dan akan langsung turun ketika suhu dinaikan menjadi 70°C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24264
Uncontrolled Keywords: Campuran Aspal modifikasi, Ban, Oli, Marshall, Iklim, SimScale
Subjects: G > G260 Grounds maintenance Landscape architecture Roads
R > R285 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr ADI PRADIPTA SUBHAKTI
Date Deposited: 09 Aug 2024 11:37
Last Modified: 09 Aug 2024 11:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28500

Actions (login required)

View Item View Item