NATANEL, Evan (2024) Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Menggunakan Fitur Simulasi Kelayakan Nasabah Pada Koperasi Nusantara Mandiri. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Download (434kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Download (572kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Download (533kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Download (801kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Evan Benyamin-H1D020095-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam era digital yang kompetitif dan dinamis, koperasi harus memiliki sistem yang mengakomodasi kebutuhan operasional serta nasabah guna meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan nasabah, namun Koperasi Nusantara Mandiri di Kabupaten Bandung belum memiliki sistem yang mampu mencakup kedua hal tersebut sehingga layanan koperasi menjadi tidak efektif dan kurang mampu bersaing dengan kompetitornya. Oleh karena itu, koperasi membutuhkan sebuah sistem Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu calon nasabah dengan menyediakan simulasi perhitungan kelayakan pinjaman. Penelitian ini dilakukan agar dapat mengimplementasikan metode pendukung keputusan dalam sebuah sistem menggunakan metode waterfall yang mencakup tahapan requirements, design, implementation, testing, dan maintenance untuk mengembangkan aplikasi CRM berbasis web. Aplikasi ini dirancang dan dikembangkan agar dapat membantu koperasi dalam mengelola data nasabah, mempermudah proses bisnis, dan meningkatkan efektivitas baik untuk membantu operasional dan juga analisis nasabah koperasi. Pengujian dilakukan menggunakan teknik Blackbox untuk memastikan bahwa aplikasi memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi CRM yang dikembangkan dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Koperasi Nusantara Mandiri, sehingga dapat meningkatkan efektivitas operasional koperasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24307 |
Uncontrolled Keywords: | CRM, Sistem Informasi, Sistem Rekomendasi |
Subjects: | C > C1020 Customer services W > W84 Web sites Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Evan Benyamin Hotasi Natanael |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28745 |
Actions (login required)
View Item |