Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik Kelas VII F di SMP Negeri 8 Purwokerto

FEBRI, Alya Purnama (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik Kelas VII F di SMP Negeri 8 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf

Download (450kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2025.

Download (429kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2025.

Download (779kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf

Download (447kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alya Purnama Febri-J1D020009-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Febri, Alya Purnama. 2024. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik Kelas VII F di SMP Negeri 8 Purwokerto. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 8 Purwokerto. Latar belakang penelitian ini adalah transisi sekolah dalam penggunaan kurikulum merdeka, yang menjadikan pelaksanaan program projek penguatan profil pelajar Pancasila penting untuk ditinjau apakah sudah sesuai dengan konsep penerapannya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan peserta didik serta fasilitator kelas VII F SMP Negeri 8 Purwokerto selama tahap pelaksanaan hingga asesmen projek. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Untuk menguji validasi isi, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan projek pada peserta didik kelas VII F di SMP Negeri 8 Purwokerto sudah sesuai dengan konsep penerapan projek, namun modul projek masih kekurangan beberapa komponen; (2) pelaksanaan projek berhasil sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam modul projek; (3) fasilitator menggunakan lembar kerja kelompok, reflek,dan lembar penilaian fasilitator untuk melakukan asesmen. Projek penguatan profil pelajar Pancasila tema 2 pada peserta didik kelas VII menggunakan asesmen dan penilaian proses selama pelaksanaan projek. Projek penguatan profil pelajar Pancasula tema 2 di kelas VII F SMP Negeri 8 Purwokerto melibatkan pembentukan tim fasilitator, pelaksanaan projek melalui tahapan terstruktur, dan asesmen yang komprehensif. Meskipun terdapat beberapa kendala projek ini berhasil memberikan dampak positif signifikan pada kebersihan lingkungan dan penerapan dimensi oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24213
Uncontrolled Keywords: asesmen projek, perencanaan projek, pelaksanaan projek, projek penguatan profil pelajar Pancasila
Subjects: M > M513 Moral education
P > P210 Philosophy
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Alya Purnama Febri Alya Purnama Febri
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:34
Last Modified: 19 Aug 2024 06:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28792

Actions (login required)

View Item View Item