MUJIB, Akhmad Syifa'ul (2024) Pola Interaksi Sosial Siswa-Siswi Miskin di Sekolah (Studi Kasus Pola Interaksi Sosial Pada Siswa-siswi Miskin Di SD Negeri Kudaile 01 Kecamatan Slawi Pasca Regrouping). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Download (281kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2025. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II _ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2025. Download (5MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV _ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN_ AKHMAD SYIFA'UL MUJIB_f1A020057_SKRIPSI_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Interaksi sosial merupakan hubungan antara dua individu atau lebih yang dapat mempengaruhi dan mengubah perilaku individu lain baik bersifat positif maupun negatif. Bentuk interaksi sosial pada manusia tidak hanya berupa percakapan atau verbal, melainkan ekspresi dan bahasa tubuh. Selain itu, interaksi juga dapat dipengaruhi oleh simbol-simbol yang melekat pada pelaku interaksi serta makna yang dipahami masyarakat dalam kehidupan sosial. Dalam interasi sosial siswa-siswi di Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola interaksi sosial siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 pasca kebijakan regrouping dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah dalam menghadapi pola interaksi sosial siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 pasca kebijakan regrouping. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini adalah siswa-siswi miskin penerima bantuan PIP kelas IV, V, dan VI serta wali kelas IV, V, dan VI sebagai informan pendukung. Data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pola interaksi sosial yang terjadi pada siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 adalah pola interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Pola interaksi sosial asosiatif pada siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 dapat dilihat dari terbentuknya kerjasama dan asimilasi pada oleh siswa-siswi miskin. Pola interaksi disosiatif pada siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 adalah kompetisi, kontravensi, dan konflik yang sejauh ini tidak menimbulkan pertentangan dan pertikaian, hanya saja timbul kesalahpahaman karena adanya perbedaan budaya pada masing-masing sekolah sebelum regrouping. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam menghadapi perubahan pada pola interaksi sosial siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 pasca regrouping yaitu dengan melakukan sosialisasi dan penerapan program integratif kurikulum merdeka. Pola interaksi sosial siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 pasca regrouping secara keseluruhan merupakan pola interaksi sosial asosiatif. Dengan upaya yang dilakukan sekolah pola interaksi sosial siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01 pasca regrouping berhasil dilebur dan memberikan dampak yang positif dalam peningkatan kualitas belajar siswa-siswi miskin di SD Negeri Kudaile 01. Rekomendasi dari penelitian ini terbagi atas tiga rekomendasi, yaitu untuk masyarakat agar dapat berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan anak, untuk peneliti selanjutnya diharapkan skripsi ini dapat menjadi referensi, dan bagi pemerintah diharapkan untuk terus melakukan pengawasan kepada sekolah-sekolah yang masih mengalami kesulitan dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24340 |
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Miskin, Sekolah, Regrouping |
Subjects: | P > P461 Poverty S > S438 Social life and customs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mr Akhmad Syifa'ul Mujib |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 01:45 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28938 |
Actions (login required)
View Item |