Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Model Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Penggarit Kabupaten Pemalang

RISTANTO, Himawan Ardhi (2024) Model Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Penggarit Kabupaten Pemalang. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_HIMAWAN ADRHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2025.

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2025.

Download (11MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2025.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN_HIMAWAN ARDHI RISTANTO_F2C022003_TESIS_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)

Abstract

Desa Penggarit termasuk kategori Desa wisata maju, karena memiliki pengunjung dan menjalankan kegiatan pemasaran. Pengembangan Desa Wisata Penggarit tidak lepas dari peran pemangku kepentingan setempat, baik dalam branding, membangun fasilitas penunjang, atraksi wisata, dan membangun kolaborasi dan partisipasi bagi kemajuan desa wisata. Desa Wisata sebagai trend global konsep pariwisata alternatif yang mendorong wisatawan datang ke desa untuk mendapatkan pengalaman unik. Penelitian ini mengkaji model komunikasi pemasaran Desa Wisata Penggarit dengan menggunakan teori 4p (The 4P''s theory), untuk menemukan fenomena dan model komunikasi pemasaran dan pengembangan Desa Wisata Penggarit. Penelitian juga menemukan peran Stakeholders menggunakan model pentahelix. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus deskriptif, penghimpunan data melalui FGD, wawancara, observasi, dokumentasi, literatur. Kolaborasi pentahelix Pemerintah, Masyarakat, Swasta, Akademisi dan Media dalam komunikasi pemasaran berperan penting memperkuat place branding dan local branding serta menarik kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Penggarit. Model Komunikasi pemasaran Desa Wisata Penggarit menjadikan aspek produk yang gabungan antara attraction dan activity, aspek tempat gabungan accessibility dan amenities sebagai pesan promosi. Bauran promosi menggunakan internet, word of mouth (WOM), baliho pameran/ expo dan penjualan langsung. Pengelola wisata perlu mengembangkan inovasi pelayanan dan mempertahankan ikon Desa Penggarit seperti produk unggulan mangga, festival mangga dan Benowo Park sebagai local branding dan place branding. mempertahankan kolaborasi dengan media, akademisi dan badan usaha pemerintah untuk pengembangan desa wisata dan mendatangkan lebih banyak wisatawan, perlu meningkatkan keterampilan pengelola, meningkatkan infrastruktur seperti akses jalan, fasilitas wisata, dan teknologi digital untuk komunikasi pemasaran. Kata kunci : komunikasi pemasaran, desa wisata, peran pemangku kepentingan, marketing mix

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224214
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, desa wisata, peran pemangku kepentingan, marketing mix, marketing communication, tourism village, stakeholder roles, marketing mix
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
C > C631 Communication
M > M80 Marketing
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Himawan Ardhi Ristanto
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:24
Last Modified: 21 Aug 2024 02:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28978

Actions (login required)

View Item View Item