FAJRIAH, Kholidah (2024) Keluarga Batak Toba Masa Kini Studi tentang Representasi Keluarga Batak Toba Pada Film ”Ngeri - Ngeri Sedap” (2022). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Download (253kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas _Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak -Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Download (972kB) |
|
PDF (BabI)
BAb I-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
Bab II-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2025. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Download (973kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarLampiran)
Daftar Lampiran-Kholidah Fajriah_F1A020017_Skripsi_2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Film selalu merekam realitas yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat yang kemudian memproyeksikannya ke atas layar. Film tidak hanya sebagai refleksi masyarakat, tetapi juga representasi realitas. Film sebagai representasi dari realitas membentuk dan menghadirkan kembali realitas berdasarkan kode-kode, konvensi-konvensi, dan ideologi dari kebudayaannya. Salah satu realitas yang sering direpresentasikan dalam film adalah tentang kehidupan sebuah keluarga, seperti film Ngeri-Ngeri Sedap (2022). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi Keluarga Batak Toba Masa Kini dalam film Ngeri-Ngeri Sedap (2022). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Terdapat 8 potongan adegan sebagai bahan kajian penelitian. Adegan yang dipilih dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes melalui 3 unsur yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi Keluarga Batak Toba Masa Kini dalam film Ngeri-Ngeri Sedap (2022) ditampilkan pada sikap seorang ayah yang selalu meluruskan persoalan dari sisi batak yaitu patriarki. Budaya patriarki yang melekat kuat mulai tidak sejalan dengan perkembangan zaman, maka adanya pertimbangan kedudukan yang sejajar antara perempuan dan laki-laki membuat kultur Batak Toba yang terkenal kaku mulai melunak akibat adanya modernisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah representasi Keluarga Batak Toba Masa Kini dalam film Ngeri-Ngeri Sedap (2022) dilatarbelakangi oleh kemampuan adaptif orang batak terhadap nilai-nilai, norma-norma dan ideologi yang berkembang pada zaman sekarang. Hal ini menjadikan film Ngeri-Ngeri Sedap menggambarkan adanya pengaruh modernisasi dan globalisasi yang masuk pada lapisan masyarakat, hal ini tentunya mengubah praktik tradisional untuk tetap relevan dalam masyarakat modern.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24351 |
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Film,Batak Toba Masa Kini |
Subjects: | C > C402 Cinematography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Kholidah Fajriah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29113 |
Actions (login required)
View Item |